Wednesday, May 8, 2013

Penyebab, Gejala Dan Cara Memperbaiki Hardisk Yang Bad Sector

Penyebab, Gejala Dan Cara Memperbaiki Hardisk Yang Bad Sector
Penyebab, Gejala Dan Cara Memperbaiki Hardisk Yang Bad Sector | Selamat pagi Sobat Revans semuanya. Pada kesempatan pagi hari ini Revans akan share sebuah tips komputer yang pada kali ini tentang Penyebab, Gejala dan Cara Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector. Mungkin Sobat Revans pernah atau mungkin sering mendengar istilah bad sector.

Bad sector ini masalah yang sering terjadi pada beberapa hardisk dan bahkan bisa dikatakan merupakan hal umum yang terjadi pada hardisk. Sejauh ini belum ada satupun cara yang 100% ampuh atau mampu memperbaiki hardisk yang terkena bad sector ini baik menggunakan software maupun tanpa software. Untuk itu ada baiknya jika kita menjaga kondisi hardisk dengan sebaik-baiknya.

Agar bisa menjaga kondisi hardisk komputer dengan baik, tentu hal pertama yang harus diketahui adalah hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan sebuah hardisk mengalami bad sector, diantaranya yaitu :
  1. Komputer sering mengalami mati mendadak/tidak sesuai prosedur, misalnya pada saat asyik bermain komputer tiba-tiba saja arus listrik terputus, baik karena mati lampu ataupun kabelnya tercabut, termasuk juga dengan mematikan komputer dengan cara menekan tombol power sampai komputer mati.
  2. Usia hardisk yang sudah uzur.
Ada banyak gejala-gejala awal yang ditunjukkan sebuah hardisk yang mulai terkena bad sector, di antaranya komputer sering mengalami not-responding atau kerja komputer menjadi lebih lambat meskipun tidak dalam keadaan membuka/menjalankan program dalam jumlah banyak sekaligus atau jika dilihat pada task manager tingkat penggunaan CPU mencapai 100% yang tentu saja hal tersebut tidak masuk akal, karena komputer tidak sedang membuka program berat atau menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Sobat gunakan untuk memperbaiki hardisk komputer Sobat yang mengalami bad sector. Tips ini tidak menjamin 100% akan memulihkan kondisi hardisk Sobat karena memang sejauh ini bad sector tidak bisa diperbaiki dan tips ini hanya berfungsi jika bad sector yang dialami belum parah.
Menggunakan CHECKDISK
Cara pertama yang bisa Sobat lakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur CheckDisk yang disediakan secara default oleh windows Sobat.

Cara mengaktifkannya : Klik kanan pada partisi/drive yang akan di perbaiki/check >> Properties >> Tools >> Klik Check Now pada menu Error-Checking >> Ceklis semua opsi yang ada >> Klik START dan tunggu sampai selesai.
Menggunakan Command Prompt
Cara kerja pada cara kedua ini hampir sama dengan cara yang pertama tadi, hanya saja cara kedua ini disinyalir lebih akurat dan lebih efektif daripada cara yang pertama tadi.

Cara Menggunakannya : Jalankan Command Prompt dengan menekan START+R pada keyboard >> Ketikan CMD >> Enter >> Ketikan chkdsk/f drive: >> Enter >> saat muncul notifikasi, tekan Y >> Enter >> lalu Restart komputer Sobat.
Menggunakan Software HDD Generator
Cara ketiga yang bisa digunakan untuk memperbaiki bad sector yaitu dengan menggunakan software HDD Generator. Bagi Sobat Revans yang belum memiliki software HDD Generator tersebut silahkan download software HDD Generator tersebut disini.

Cara Menggunakannya :
  1. Jalankan software HDD Generator yang sudah didownload tadi.
  2. Klik "Click here to repair..." yang ada pada tab paling atas.
  3. Lalu pilih hardisk yang akan direpair dan klik START PROCESS.
  4. Kemudian akan muncul jendela baru, pilih "Scan and Repair".
  5. Tunggu sampai selesai.
NB: Perbaikan bad sector menggunakan software memakan waktu yang lebih lama dan tergantung kapasitas hardisk, makin besar kapasitas hardisk, makin lama proses kerjanya.

Demikianlah Tips Komputer mengenai Penyebab, Gejala Dan Cara Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector Revans kali ini. Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita bersama.

Artikel Terkait

6 komentar

Terimakasih banyak sudah mau share ilmu-nya ke pada kita semua.
Artikel ini sangat luar biasa gan, sangat bermanfaat semoga kebaikan agan di balas oleh allah SWT.
sekali lagi terimakasih gan, di tunggu artikel berikutnya. salam blogger "Samsoftware-Cyber"

artikelnya bermanfaat nih gan,, makasih ya sudah share

ternyata itu ya penyebab hardisk yang kena bad sector, makasih ya bro

Sama-sama Sobat., Terima kasih atas kunjungannya., :)

Sama-sama Sobat., Terima kasih banyak atas kunjungannya., :)

Sama-sama Sobat., Terima kasih banyak atas kunjungannya., :)

sejauh ini hanya itu penyebab terjadinya bad sector dan memang itu yang rasanya sering dialami selama ini.,

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon