Wednesday, October 30, 2013

Cara Memasang Scroll Otomatis Pada Blockquote

Cara Memasang Scroll Otomatis Pada Blockquote
Cara Memasang Scroll Otomatis Pada Blockquote | Selamat malam Sobat Revan semuanya. Tadikan kita sudah membahas mengenai Cara Memasang Scroll Pada Blog. Dimana postingan tersebut merupakan dasar dalam pemasangan atau pembuatan scroll pada blog. Nah, sekarang kita akan membahas Tutorial Blog yang selanjutnya yang juga berhubungan dengan scroll yaitu Cara Memasang Scroll Otomatis Pada Blockquote.

Sedikit penjelasan mengenai blockquote bagi Sobat Revan yang mungkin masih bingung apa yang dimaksud dengan blockquote, terutama buat Sobat Revan yang baru mengenal dunia blogging.

Blockquote adalah tampilan yang biasa digunakan untuk menandai suatu kalimat atau apa saja yang di anggap penting dalam sebuah postingan yang dimaksudkan agar mudah dikenali, dsb. Penggunaannya seperti yang ada di blog ini, yaitu sebagai tempat untuk memuat postingan yang berupa kode-kode sript, css, html. dsb. Namun, dalam penggunaannya bisa berbeda-beda, semua tergantung dari masing-masing individunya.

Mungkin itu saja penjelasan singkat yang bisa Saya utarakan mengenai blockquote. Bagi sobat Revan yang masih bingung contoh nyata dari blockquote tersebut bisa lihat pada postingan blog ini yang membahas tentang Tutorial Blog. Karena disana sobat akan menjumpai serangkaian kode script yang saya tulis menggunakan blockquote.

Nah, sekarang kita kembali kepada pembahasan, yaitu Cara Memasang Scroll Otomatis Pada Blockquote. Penggunaan scroll pada blockquote ini dimaksudkan untuk mengefisienkan ruang tulis untuk kalimat atau kode script yang mungkin terlalu panjang sehingga bisa menghemat ruang posting blog tersebut.
Seperti yang sobat tahu bahwa template blog yang default atau yang ada tersebut tidak melengkapi dirinya dengan scroll pada blockquotenya. Mungkin ada beberapa template saja, tapi saya yakin itu sangat sedikit, karena dari beberapa template yang pernah saya pakai tidak ada yang memberikan fasilitas tersebut.

Jadi dengan pemberian scroll secara otomatis tersebut sobat tidak akan kerepotan lagi ketika membuat postingan script atau apa saja yang menggunakan blockquote yang terlalu panjang karena harus memasang kode scrollnya secara manual yang bisa dipastikan akan menyita waktu.

Kemudian yang uniknya lagi, kali ini sobat tidak hanya bisa memasang scroll secara otomatis saja melainkan bisa mengatur panjang dari scroll tersebut. Misalnya sobat menjadikan panjang scrool tersebut 200px, maka ketika script atau postingan sobat yang menggunakan blockquote tersebut panjangnya melebihi 200px maka secara otomatis scroll tersebut akan berjalan/terpasang dengan sendirinya.

Berikut kode yang harus sobat tambahkan pada template yang sobat gunakan.

overflow:auto;

max-height:400px;
Silahkan sobat tambahkan kode tersebut pada kode CSS blockquote yang ada pada template sobat masing-masing (setiap template kodenya berbeda-beda). Untuk contoh bisa lihat di bawah ini.

blockquote {overflow:auto;

max-height:100px;

......................}
Untuk pengaturan tinggi scroll tersebut silahkan ganti kode yang berwarna biru tersebut, silahkan sesuaikan dengan keinginan sobat masing-masing.

Jika sobat menemukan ada banyak tulisan blockquote pada template sobat, silahkan sobat pilih yang pertama karena biasanya kode pertama tersebut merupakan kode dasarnya. Dan sekali lagi yang perlu diingat adalah bahwa kode setiap template berbeda-beda.

Dan apabila sobat ingin mencoba merubah tampilan blockquote template blog sobat mungkin postingan mengenai membuat desain blockquote untuk blogspot ini bisa menjadi salah satu rujukan bagi sobat.

Demikian postingan kita kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama. Jangan bosan-bosan untuk berkunjung ke sini ya Sobat. ^_^

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

1 komentar so far

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon