Friday, October 18, 2013

Maen Game Nggak Perlu Laptop Mahal Sob

Maen Game Nggak Perlu Laptop Mahal Sob

Maen Game Nggak Perlu Laptop Mahal Sob | Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat sekarang ini komputer bukan lagi sebuah barang mewah lagi yang hanya segelintir orang saja yang mengetahui keberadaannya, bisa dikatakan semua lapisan masyarakat mengetahui nya, bahkan semua orang telah memilikinya. Apalagi dikalangan pelajar atau akademisi, mulai dari yang SD sampai yang Kuliah punya.

Seiring dengan tuntutan zaman yang telah modern serta di dukung pula dengan keberadaannya yang mudah didapat. Dan juga harganya yang sekarang sudah tidak semahal sewaktu Komputer baru pertama kali beredar. Sekarang pun telah beredar lagi yang lebih canggih dan simple dari sekedar komputer yaitu Laptop.

Komputer/laptop ini itu sendiri tidak jarang juga digunakan untuk bermain game, sekedar menghilangkan kejenuhan setelah bekerja atau setelah belajar, bahkan tak jarang juga waktu liburan pun dihabiskan dengan bermain game.

Buat para gamers, komputer/laptop yang layak digunakan untuk bermain game adalah tipe teratas yang sudah tentu harganya sangat masih tidak bersahabat dengan kantung-kantung bagi sebagian orang. Hal ini mengingat beberapa persyaratan game yang menuntut spesifikasi hardware yang yang cukup berat.

Akan tetapi semua itu sebenarnya tidak selamanya benar, karena pada saat sekarang ini juga sudah banyak beredar di pasaran laptop yang harganya terjangkau yang sudah memiliki spesifikasi hardware yang memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk memainkan game terbaru yang ada.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi beberapa tips buat sobat blogger dalam memilih laptop atau komputer yang murah tapi memiliki spesifikasi hardware yang cukup mumpuni untuk digunakan bermain game dan tentunya tanpa harus menguras dompet sobat-sobat blogger semua.. :)

1. Sobat blogger jangan terpaku dengan ukuran memori VGA. 

Karena apabila sobat blogger hanya terpaku pada ukuran memori VGA saja pada waktu membelinya, maka hal ini bisa menjadi celah bagi operator-operator atau penjual nakal untuk membujuk dan merayu konsumen untuk membeli dengan alasan memori VGA nya besar. Dan ini tidak jarang terjadi di pasaran.

Apalagi yang menjual penjualnya seorang cewek dan pembelinya kebetulan seorang cowok, sudah bisa dipastikan akan terjadilah bujuk rayu sang penjual, apalagi dia tahu si konsumen tidak paham betul dengan alat-alat komputer, karena hal itu bisa dilihat dari cara si konsumen berbicara dan dari sikapnya. Untuk itu sobat harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi.

Dan yang lebih penting lagi sobat harus mengetahui bahwa yang utama dari sebuah VGA adalah chipsetnya. Perlu diingat bila seri chipset kartu grafis pada laptop adalah chipset grafis versi mobile sehingga tidak bisa dibandingkan dengan chipset grafis yang diperuntukkan untuk komputer desktop. Semisal bila Anda akan memilih laptop dengan kartu grafis Nvidia 560M maka performanya tidak akan sehebat GTX 560 versi desktop, walaupun jenis chipsetnya sama.

Perbedaan ini lebih dipengaruhi karena masalah panas dan konsumsi daya yang lebih ketat untuk laptop. Pastikan juga Anda tidak memilih laptop dengan VGA onboard (semisal Intel GMA) jika ingin menggunakannya untuk bermain game. Hal ini dikarenakan VGA onboard tidak akan mampu menjalankan game dengan mulus.

 2.  Pilih laptop yang menawarkan kemudahan dalam meng-upgrade komponen. 

Beberapa laptop menyediakan pilihan agar beberapa komponennya (seperti RAM, VGA dan hardisk) bisa diupgrade. Sebisa mungkin carilah seri yang mendukung untuk kebutuhan ini. Bila memiliki dana lebih, sobat blogger bisa mengganti komponen-komponennya tanpa perlu membeli laptop baru. Jadi, jangan lupa tanyakan pada penjual apakah penggantian komponen pada notebook tertentu dapat dilakukan dengan mudah atau tidak. 

3. Sobat blogger harus perhatikan ukuran dan resolusi layar. 

Ukuran dan resolusi layar sering berhubungan erat, dan ini amat penting untuk sebuah game. Semakin tinggi resolusi layar, semakin berat tuntutan sebuah game akan chip grafis yang baik. Jadi jika laptop sobat blogger hanya dilengkapi chip grafis yang pas-pasan, maka layar dengan resolusi terlalu tinggi akan menyebabkan game berjalan dengan setting minimum dan agak lambat. Ukuran layar sendiri juga penting, mengingat bermain di layar yang berukuran terlalu kecil jelas akan mengganggu keasyikan bermain game itu sendiri.

Untuk itu saya sarankan, minimal sobat blogger memilih laptop dengan layar berukuran 14 inci atau 15 inci jika sering bepergian membawanya, atau dengan layar berukuran 17 inci, jika bermaksud menggunakannya sebagai pengganti komputer desktop dan sobat blogger tidak sering membawa-bawanya.
4. Selain itu sobat blogger juga harus memastikan bahwa konektivitas sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk bisa bermain game dengan nyaman, Sobat blogger tidak akan bisa mengandalkan touchpad. Untuk itu sobat blogger memerlukan keyboard dan mouse gaming yang berkualitas. Pastikan laptop tersebut memiliki port USB yang cukup untuk memasang mouse, keyboard, gamepad/joystick dan pendingin laptop, karena saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game laptop akan cepat panas.

Perhatikan juga apakah laptop tersebut telah memiliki koneksi HDMI atau setidaknya VGA, sehingga sewaktu-waktu bisa dihubungkan dari laptop ke TV atau monitor dengan ukuran layar yang lebih besar.

5. Terakhir, sobat blogger harus tahu, seri yang tertinggi itu belum tentu yang terbaik. 

Jangan terpaku dengan seri tertinggi laptop yang sobat blogger akan beli. Ada baiknya untuk memilih laptop yang berada 1-2 seri lebih rendah dari seri teratas, karena performanya tidak akan terlalu jauh namun dengan selisih harga yang cukup banyak.

Nah, demikian tips dari saya untuk sobat blogger yang ingin membeli laptop untuk bermain game. Semoga lima tips tersebut bermanfaat..

NB : Lima tips yang telah disebutkan di atas adalah petunjuk teknis saat mencari laptop murah untuk bermain game. Tidak sedikit faktor lain yang bisa membuat keputusan berubah saat tiba di toko tempat Anda membeli. Seperti promo belanja tertentu atau diskon spesial menjelang perayaan hari raya.

Artikel Terkait

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon