Saturday, October 19, 2013

Pola Operasi Bank Syariah

Pola Operasi Bank Syariah

Pola Operasi Bank Syariah | Seperti halnya bank konvensional, bank syariah juga berfungsi sebagai lembaga intermediasi yang operasinya berdasarkan syariah, menghubungkan nasabah pemilik dana yaitu shahibul maal dengan nasabah sebagai pihak yang membutuhkan dana yaitu mudharib.

Bank Syariah memperoleh dana dari upaya penghimpunan dana dari pemilik dana yang dalam hal ini disebut sebagai Shahibul Maal. Penghinpunan dana tersebut diperoleh dari dua bentuk, yaitu wadiah dan mudharabah.

Bentuk usaha penghimpunan dana oleh bank syariah dalam bentuk wadiah yaitu dalam bentuk giro dan tabungan. Sedangkan Bentuk usaha penghimpunan dana oleh bank syariah dalam bentuk mudharabah yaitu dalam bentuk dana investasi yang kemudian akan dikelola oleh bank syariah seperti halnya deposito.

Setelah melakukan penghimpunan dana, lalu bank syariah akan mengelola dana-dana tersebut dengan menyalurkannya kepada pihak nasabah yang memerlukan dana (mudharib). Penyaluran dana dilakukan dalam dua prinsip, yaitu prinsip bagi hasil dan prinsip jual beli.

Penyaluran dana dengan prinsip bagi hasil dilakukan secara mudharabah dan musyarakah, dimana keduanya tidak mengisyaratkan agunan dan bunga. Sementara itu penyaluran dana dengan prinsip jual beli dilakukan secara murabahah, salam, dan istishna.

Dalam prinsip jual beli ini yang diserahkan atau diberikan kepada nasabah berupa barang, bukan berupa uang. Sehingga dengan demikian dapat dipastikan bahwa komitmen pengusaha tetap terjaga dengan baik.

Jadi, jelas terlihat bahwa pola operasi bank syariah sangat berbeda dengan pola operasi bank konvensional. Pola operasi bank syariah didasari oleh semangat menolong. Semangat menolong tersebut terlihat jelas dengan melalui cara bank syariah delam menyalurkan dana dengan prinsip bagi hasil, prinsip jual beli tanpa adanya agunan dan bunga.

Dengan demikian maka tidak salah bila dikatakan bahwa pembiayaan syariah dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang kekurangan atau membutuhkan dana untuk modal usaha produktifnya.

Artikel Terkait

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon