Monday, November 4, 2013

Kenapa Flashdisk Mudah Terserang Virus

Kenapa Flashdisk Mudah Terserang Virus

Kenapa Flashdisk Mudah Terserang Virus - Berkat cara kerjanya yang sangat simpel dan mudah dibawa-bawa membuat flashdisk banyak digunakan. Mulai dari hanya sekedar untuk menyimpan sampai dengan melakukan tranfer file dari satu komputer ke komputer lain. Akan tetapi, kemudahan yang ada tersebut ternyata sekaligus menjadi ancaman bagi para penggunanya.

Bagaimana tidak, pada saat kita mencolokan flashdisk pada satu komputer ke komputer lain ketika membuka file yang kita simpan di dalamnya atau pada saat kita melakukan transfer data, tiba-tiba saja flashdisk yang digunakan tersebut sudah terserang virus, padahal flashdisk tersebut baru saja dicolokan. Tentu saja hal ini akan sangat mengherankan, kenapa virus dapat begitu cepatnya menginfeksi dan menyebar melalui flashdisk.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Saya ingin share sedikit informasi yang Saya ketahui mengenai hal tersebut kepada Sobat Revan yang mungkin pernah bertanya-tanya dalam hati karena heran "kok bisa flashdisk menjadi medium penyebaran virus komputer", karena awalnya Saya sendiri juga sempat mengalami hal tersebut.

Secara teknis, ternyata penyebab utama terjadinya infeksi dan penyebaran virus tersebut adalah fasilitas autorun yang ada di Sistem Operasi Windows. Pada awalnya fasilitas autorun tersebut ditujukan untuk memudahkan penggunanya. Jadi setiap kali kita memasukkan media penyimpanan eksternal seperti CD/DVD dan Flashdisk ke komputer, semua isi media penyimpanan eksternal tersebut akan bisa langsung diakses.

Contoh sederhana yaitu ketika kita memasukkan CD musik atau film, maka windows akan langsung menjalankan program windows media player atau media pemutar musik/video lainnya yang tersedia.

Dengan melakukan sedikit modifikasi pada file autorun yang ada, para pembuat program jahat tersebut melakukan penyebaran virus buatannya. Virus akan langsung aktif ketika flashdisk dicolokan ke komputer dan ketika ada flashdik lainnya yang dicolokan ke komputer tadi, maka flashdisk tersebut juga akan terinfeksi virus dan terus begitu sampai virus tersebut menyebar kemana-mana. Dan biasanya para flashdisk yang sering keluar masuk warnet/warung internetlah yang sangat rentan terinfeksi virus dan menjadi medium penyebaran virus.

Oleh karena itu, disamping memasukan program antivirus pada komputer dan flashdisk, sangat disarankan untuk menonaktifkan fitur autorun dan pastikan bahwa file autorun tersebut tidak bisa dimodifikasi. Dengan demikian, diharapkan dapat meminimalisir penyebaran virus yang sangat menjengkelkan melalui media penyimpanan eksternal.

Demikianlah ulasan singkat Kenapa Flashdisk Mudah Terserang Virus, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon