Thursday, November 14, 2013

Khasiat Daun Sirih Merah

Khasiat Daun Sirih Merah
Khasiat Daun Sirih Merah | Sobat Revan sudah ada yang pernah melihat daun sirih yang satu ini belum? Daun sirih yang satu ini agak berbeda dari sirih-sirih yang biasanya. Sirih yang satu ini daunnya berwarna merah dan sirih merah ini tidak seperti sirih yang biasa digunakan untuk nyirih di kampung-kampung, sirih merah ini agak susah mencarinya. Mungkin di daerah sobat lebih mudah di temui kali ya.. :)

Sirih merah ini ternyata memiliki banyak manfaat sobat. Daun sirih merah ini bisa dijadikan obat penyembuh untuk berbagai macam penyakit serta untuk kecantikan. Seperti untuk mengatasi masalah bau badan, bau mulut, diabetes, kanker, radang liver, hipertensi, hepatitis, batu ginjal, mencegah stroke, nyeri sendi, asam urat, maag, dan perawatan kulit. Dan itu semua ternyata sudah diakui dan banyak digunakan di dunia medis.

Sirih merah ini kebanyakan digunakan untuk tanaman hias ataupun untuk tanaman herbal. Sirih merah yang bernama latin Piper Ornatum ini berasal dari daerah Sulawesi sobat. Tanaman Sirih Merah ini masih satu kerabat dengan tanaman Lada. Pada Sirih Merah ini terkandung senyawa fito-kimia yang mengandung alkaloid, tannin, saponin, dan flavonoid.

Sirih Merah ini tidak hanya digunakan oleh masyarakat Indonesia saja melainkan juga digunakan oleh orang Cina untuk obat-obat tradisional Cina sebagai obat untuk meringankan gejala batuk, keputihan, ambien, dsb.

Cara menggunakannya cukup mudah sobat, cukup dengan merebus 3-5 lembar daun Sirih Merah tersebut dengan 2 gelas air matang, lalu minum air rebusannya secara rutin.

Mungkin sampai disini dulu ya Sobat postingan kali ini. Semoga Tips Sehat dengan Herbal menggunakan Daun Sirih Merah ini bisa bermanfaat. :)

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon