Thursday, November 14, 2013

Mencegah Blue Screen Dengan Checkdisk

Mencegah Blue Screen Dengan Checkdisk
Mencegah Blue Screen Dengan Checkdisk | Sobat Revan mungkin pernah mengalami dimana laptop yang sobat gunakan tiba-tiba saja heng atau sering restart sendiri yang biasanya diawali dengan berubahnya tampilan layar laptop menjadi warna biru atau yang disebut dengan Blue Screen.

Blue screen tersebut terjadi karena beberapa faktor, yang di antaranya adalah karena faktor usia dari hardisk dan juga karena adanya kerusakan/sesuatu yang tidak beres pada hardisk laptop tersebut. Dan salah satu upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada hardisk, maka perlu adanya perawatan dan perbaikan yang dilakukan secara rutin.
Perawatan dan perbaikan tersebut bisa saja dengan memanfaatkan software-software tambahan atau dengan menggunakan fasilitas yang sudah ada pada komputer/laptop sobat sendiri. Fasilitas yang dimaksud adalah fasilitas Checkdisk.

Dengan checkdisk ini sobat bisa melakukan pengujian sekaligus memperbaiki hardisk sobat seandainya terdapat kerusakan pada hardisk tersebut. Kerusakan pada hardisk tersebut seperti Bad Sector, lost clusters, cross-linked files, dan directory errors.

Manfaat dari pengecekan hardisk secara rutin tersebut selain bisa untuk merawat hardisk juga untuk meningkatkan kinerja komputer/laptop itu sendiri. Nah, untuk melakukan Checkdisk tersebut sobat bisa melalui Command Prompt atau melalui My Computer dan Windows Explorer. Agar sobat ruki-zone lebih mudah memahami, kita akan mencoba membahasnya satu persatu.

CHECKDISK MELALUI COMMAND PROMPT (RUN)
  • Untuk melakukan pengecekan hardisk dalam mode Read Only.
    Tekan CTRL+R >> ketikan kata CHKDSK D
    Ganti huruf D tersebut dengan C, E, atau F. (Sesuai dengan partisi yang ada pada laptop sobat yang akan sobat perbaiki.)
  • Untuk me-repair langsung tanpa melakukan scanning terhadap Bad Sector.
    Tekan CTRL+R >> ketikan CHKDSK D:/F
    Ganti huruf D tersebut dengan C, E, atau F. (Sesuai dengan partisi yang ada pada laptop sobat yang akan sobat perbaiki.)
  • Untuk me-repair, menemukan Bad Sector dan me-recover data.
    Tekan CTRL+R >> ketikan kata CHKDSK D:/R
    Ganti huruf D tersebut dengan C, E, atau F. (Sesuai dengan partisi yang ada pada laptop sobat yang akan sobat perbaiki.)
CHECKDISK MELALUI MY COMPUTER/WINDOW EXPLORER
  • Buka My Computer atau Window Explorer >> Klik Kanan pada Partisi yang akan sobat check >> Klik Properties >> Klik Tabs Tools, Klik Check Now pada pilihan Error Checking.
  • Maka akan muncul tampilan seperti ini.
    Mencegah Blue Screen Dengan Checkdisk
  • Ceklis pada "Automatically Fix File Ststem Errors" untuk me-repair file system secara otomatis.
  • Ceklis pada "Scan For and Attempt Recovery of Bad Sectors" untuk me-repair, menemukan Bad Sectors, dan me-recover data.
  • Ceklis keduanya jika sobat ingin melakukan keduanya.
  • Jangan ceklis keduanya jika hanya ingin menjalankannya pada mode Read Only.
Catatan: Apabila muncul pesan "Chkdsk cannot run because bla.. bla.. bla.." pilih saja "YES".

Demikianlah Tips Komputer kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada masukan/saran silahkan disampaikan pada kotak komentar di bawah, agar kita bisa saling diskusi.. :)

Artikel Terkait

1 komentar so far

makasih untuk tipsnya ya mas gan...

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon