Thursday, November 7, 2013

Tips Agar Cartridge Printer Tidak Cepat Rusak

Tips Agar Cartridge Printer Tidak Cepat Rusak
Tips Agar Cartridge Printer Tidak Cepat Rusak | Cartridge merupakan salah satu item yang sangat penting yang terdapat pada setiap printer. Cartridge berfungsi sebagai tempat menyimpan tinta yang nantinya digunakan untuk mencetak dokumen. Mengingat cartidge merupakan komponen printer yang mudah sekali rusak, maka sangat diwajibkan bagi para pengguna printer agar bisa menjaga dengan baik kondisi cartridge printernya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Saya akan share beberapa Tips Agar Cartridge Printer Tidak Cepat Rusak, yang merupakan sambungan dari postingan terdahulu mengenai Tips Komputer yang pernah diposting beberapa waktu yang lalu yaitu Beberapa Trouble Pada Printer Dan Solusinya.

Ada 2 bagian yang ada pada cartridge yang perlu mendapatkan "perhatian lebih", yaitu pada bagian Head Cartridge dan pada bagian Chip. Karena, dari pengalaman yang sudah-sudah, dua bagian cartridge ini merupakan bagian yang sangat sensitif.

Berikut beberapa Tips Agar Cartridge Printer Tidak Cepat Rusak.
  1. Bagian Head Cartridge
    Agar bagian head cartridge tidak cepat rusak, maka:
    - Jangan pernah menyentuh/memegang bagian yang satu ini. Karena dengan menyentuh bagian head cartridge akan menyebabkan head cartridge menjadi kotor atau bahkan menjadi rusak, cartridge menjadi tidak terdetect oleh printer. Meskipun cartridge tetap terdetect, tapi pada waktu printing, biasanya salah satu warna atau semuanya menjadi tidak keluar. Padahal pada saat ditempel pada tisu semua warna yang ada keluar dengan lancar.
    - Jangan sembarangan mengisi tinta. Pilih tinta yang sesuai dengan catridge yang dipakai. Belum tentu tinta yang branded itu bagus dan cocok untuk head cartridge. Karena, pemilihan tinta cartridge yang salah akan menyebabkan head cartridge menjadi buntu atau hasil cetakan menjadi bergaris.
    - Lakukan print out minimal 2 hari sekali atau istilah lainnya dipanaskan agar tidak ada sisa-sisa tinta pada head cartridge yang mengering yang bisa menyebabkan head cartridge menjadi buntu.
    - Gunakan settingan best/high/photo pada saat mencetak gambar yang full color.
    - Simpan printer dengan rapi setelah digunakan atau pada saat printer tidak digunakan dalam waktu yang lama, terutama untuk printer yang sudah dimodifikasi menggunakan infus. Hal ini bertujuan agar tidak ada debu yang mengumpul di sekitar tutup tabung infus yang berpotensi untuk masung ke dalam cartridge saat tutup infus dibuka saat printing. Terutama bagi pengguna printer yang berada di daerah yang berdebu.
    - Istirahatkan printer minimal 1 menit setiap kali mencetak dokumen sebanyak 25 lembar (hitam-putih) dan 4 lembar dokumen full color seperti foto. Hal ini bertujuan agar cartridge tidak mengalami overheat. Hal ini khusus bagi pengguna printer yang biasa mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak seperti perkantoran, sekolah, rental komputer, dll.
    - Jangan sekali-kali menyentuh/menjatuhkan cartridge baik karena sengaja atau pun tidak. Karena hal ini dapat menyebabkan logam head cartridge menjadi kotor, tergores bahkan rusak.
  2. Bagian Chip Cartridge.
    Agar chip cartridge printer tidak cepat rusak, maka:
    - Jaga tembaga chip cartridge tetap kering. Jangan sampai terkena air ataupun tinta. Agar tidak terjadi korsleting.
    - Jangan pernah sentuh yang namanya tembaga chip cartridge.
    - Jangan biarkan tembaga chip cartridge kotor.
    - Jangan sering-sering buka-pasang cartridge. Hal ini biasanya dilakukan pada saat mengisi ulang tinta. Oleh karena itu dianjurkan untuk memodifikasi/memasang infus printer.
Demikianlah Tips Komputer mengenai beberapa Tips Agar Cartridge Printer Tidak Cepat Rusak. Semoga hal tersebut bisa bermanfaat untuk kita bersama.

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon