Wednesday, April 30, 2014

Hidup Sehat Dengan Lompat Tali

Hidup Sehat Dengan Lompat Tali
Hidup sehat dengan lompat tali. Kok bisa ya, bagaimana ceritanya tuh.?

Lompat tali, ya olahraga lompat tali atau biasa dikenal dengan istilah Jump Rope adalah olahraga yang sangat simpel dan mudah dilakukan. Saya yakin Sobat Blogger semua sudah pernah melakukannya. Terlebih lagi bagi yang cewek, pasti pernah melakukan permainan lompat tali sewaktu kecil dulu. Tanpa disadari ketika Sobat bermain lompat tali tersebut sebenarnya sedang melakukan olahraga.

Olahraga lompat tali atau dikenal juga dengan olahraga skipping ini meskipun terlihat sangat simpel atau bahkan dikatakan sepele, ternyata memilki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bagaimana tidak, gerakan yang dilakukan hanya melompat-lompat saja sambil memutar tali. Selain itu juga lompat tali ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa lompat tali sangat bermanfaat dan menyehatkan.
  • Pembakar kalori yang efektif.
Dengan melakukan lompat tali atau jump rope secara rutin, dapat membakar kalori dalam jumlah yang sangat besar. Dengan melakukan jump rope selama 30 menit saja dalam satu hari akan membakar sebanyak 450 kalori. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Sobat blogger yang ingin menurunkan berat badan.
  • Menyembuhkan penyakit kardiovaskular.
Kardiovaskular adalah sistem peredaran darah dalam tubuh, yang terdiri dari darah, jantung dan pembuluh darah. Jadi penyakit kardiovascular ini adalah gangguan pada sistem peredaran darah di dalam tubuh atau di dalam ilmu kedokteran lenih dikenal dengan istilah CDV (Cardiovascular Disease). Salah satu bentuk dari gangguan CDV ini yaitu sakit stroke dan serangan jantung.

Dengan melakukan jump rope secara teratur dapat membuat jantung menjadi lebih kuat dan sehat. Sehingga jantung dapat melakukan tugasnya dengan baik, yaitu memompakan darah dan menyalurkan oksigen keseluruh tubuh yang berfungsi untuk menyalurkan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.
  • Dapat melawan osteoporis. 
Dengan melakukan jump rope secara rutin juga dapat melawan dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang sejak dini. Sebagaimana kita ketahui bahwa osteoporosis ini sering terjadi atau menyerang pada saat kita usia lanjut. Nah, dengan olahraga lompat tali ini dapat memperbaiki dan menjaga kepadatan tulang sehingga membuat tulang mejadi lebih kuat.
  • Melatih keseimbangan, koordinasi yang tepat serta kelincahan.
Manfaat lain dari lompat tali atau jump rope ini yaitu untuk melatih keseimbangan tubuh, koordinasi yang tepat serta kelincahan. Dalam setiap lompatan yang dilakukan pada jump rope ini tidak hanya tubuh bagian bawah saja yang bergerak melainkan semua anggota tubuh, baik tubuh bagian bawah seperti kaki maupun tubuh bagian atas seperti tangan.

Dengan melakukan jump rope secara rutin berarti kita telah menjaga agar tubuh bagian atas dapat berkoordinasi dengan baik dengan tubuh bagian bawah dan jika hal ini tetap terjaga maka akan membuat keseimbangan tubuh tetap terjaga dan tubuh pun menjadi lebih lincah lagi. Itulah sebabnya olahraga lompat tali ini seringkali di lakukan oleh para atlit, terutama oleh para petinju.
  • Meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh.
Poin terakhir ini erat kaitannya dengan poin pertama tadi. Karena dengan terjaganya sistem peredaran darah di dalam tubuh dengan terjaganya kesehatan dan kekuatan daya pompa jantung dalam memompa dan menyalurkan oksigen di dalam darah, maka daya tahan tubuh dan stamina seseorang akan menjadi lebih kuat. Sehingga ketika kita melakukan aktifitas berat seperti berlari melakukan aktifitas yang memerlukan suplai tenaga yang lebih, kita tidak menjadi cepat capek.

Nah, demikianlah bahasan singkat mengenai Tips Sehat dengan olahraga lompat tali atau jump rope atau yang lebih populer dengan sebutan skipping tersebut. Semoga bahasan singkat ini bisa membuka kesadaran kita untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga. Toh, untuk berolahraga tidak harus menggunakan alat-alat yang neko-neko atau pergi ke tempat nge-gym.

Artikel Terkait

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon