Friday, August 1, 2014

Cara Alami Mengatasi Panas Dalam

Cara Alami Mengatasi Panas Dalam
Cara Alami Mengatasi Panas Dalam | Panas dalam adalah suatu keadaan dimana tubuh mengalami panas yang berlebihan terutama di sistem pencernaan. Akan tetapi tahukah sobat bahwa sebenarnya dalam dunia medis tidak dikenal yang namanya istilah panas dalam, sehingga nyatanya panas dalam itu tidak ada. Hanya saja, banyak orang yang menganggap gejala yang timbul sebagai tanda panas dalam. Karena pada saat suhu tubuh penderita diukur, suhu tubuhnya menunjukan normal. Karena kebiasaan itu lah maka muncul dan dikenal istilah panas dalam.

Sebelum berbicara mengenai Cara Alami Mengatasi Panas Dalam, ada baiknya kita sedikit membahas Apa Penyebab Panas Dalam tersebut.

Pada dasarnya panas dalam tersebut disebabkan karena tubuh kekurangan Vitamin C, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), kekurang serat, dan terlalu memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan. Selain itu, panas dalam juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor emosional seperti stres. Ketika sedang mengalami stres biasanya keadaan emosional jadi tidak stabil lalu mempengaruhi jam makan sehingga tidak tepat waktu, pada akhirnya akan mempengaruhi kestabilan hormon dalam tubuh yang akan mengakibatkan daya tahan tubuh akan menurun.

Tanda dan gejala panas dalam tersebut pada setiap orang tidak sama, satu sama lain akan berbeda di antaranya yaitu:
  1. Terjadinya gangguan pada mulut seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan bau mulut.
  2. Terjadinya gangguan pada sistem pencernaan seperti sembelit dan ambien.
  3. Terjadinya gangguan pada tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan dan tenggorokan kering.
  4. Tubuh terasa tidak fit seperti bersin-bersin dan badan meriang.
Kemudian untuk pengobatannya sendiri terbagi menjadi dua macam, pengobatan yang sederhana dan pengobatan menggunakan herbal.

Untuk pengobatan yang sederhana, panas dalam dapat diatasi dengan:
  1. Perbanyak meminum air putih.
  2. Perbanyak mengkonsumsi sayuran yang berserat.
  3. Mengkonsumsi suplemen Vitamin C.
  4. Hindari memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan untuk sementara waktu. Ada baiknya setelah sembuh nanti bisa mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut.
Untuk pengobatan dengan herbal dapat dilakukan dengan:
  1. Kacang Hijau. Caranya: Rebus dua genggam kacang hijau dengan air, lalu campur dua ruas jahe dan gula batu secukupnya. Minum sebanyak dua kali sehari. Insya Allah akan meredakan panas dalam.
  2. Rambut Jagung yang masih muda. Caranya: Rebus segenggam rambut jagung yang masih muda, lalu tambahkan sedikit jahe dan gula batu. Kemudian saring dan minum sehari satu kali. lakukan sampai sembuh.
  3. Air Kelapa Muda + Madu. Caranya: Minum air kelapa muda yang telah dicampur dengan tiga sendok makan madu sebanyak satu kali dalam sehari secara perlahan dan lakukan sampai sembuh.
  4. Telur Ayam Kampung. Caranya: Minum campuran telur ayam kampung mentah yang telah di campur dengan satu sendok madu dan sari kunyit dalam satu tegukan. Lalu istirahatlah yang cukup.
Itulah beberapa Cara Alami Mengatasi Panas Dalam. Sebenarnya ada banyak sekali pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi panas dalam tersebut. Pada dasarnya agar terhindar dari panas dalam kita harus menjaga pola hidup dan pola makan kita. Kemudian bagi Ibu hamil, usahakan jangan mengkonsumsi obatan kimia untuk mengatasi panas dalam, gunakanlah pengobatan herbal. Dengan pengobatan herbal akan lebih aman untuk janin yang dikandung ketimbang menggunkan obat-obatan kimia.

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

4 komentar

Waah, ternyata Air Kelapa Muda + Madu bisa juga ngobati panas dalam... makasih nifonya masbro... :)

Iya sobat.. Banyak hal yang dianggap sepele di sekitar kita yang ternyata memiliki manfaat yang besar.. salah satunya air kelapa muda dengan madu tersebut.. :)

akhir2 ini saya sering panas dalam, cara alami ini bisa saya coba dan semoga sukses
terima kasih infonya

silahka sob, semoga lekas sembuh panas dalamnya ya.. :)

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon