Friday, August 1, 2014

Pentingnya Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh | Sebuah hasil penelitian mengatakan bahwa 80% dari tubuh manusia terdiri dari air dan kadar air tertinggi terletak pada otak dan darah. Oleh karena itu, tidak heran jika manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air. Selain itu juga manusia tercipta juga dari setetes air, sebagaimana yang diceritakan dalam Al-Qur'an Surah At-Thaariq Ayat 5-8.
“Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan? Dia diciptakan dari air yang terpancar. Yang keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada. Sesungguhnya Allah benar-benar kuasa untuk mengembalikannya (hidup sesudah mati).”
Dalam keadaan normal/tidak sakit, manusia membutuhkan sekitar 1,5-2 Liter air perhari atau setara dengan 8 gelas per hari untuk menjaga pasokan air di dalam tubuh agar tetap stabil. Karena setiap harinya manusia akan menghabiskan beberapa liter air, baik melalui keringat saat beraktivitas maupun saat buang air kecil dan buang air besar.

Ketersediaan air yang cukup dalam tubuh akan membuat proses metabolisme yang ada di dalam tubuh menjadi stabil dan berjalan dengan normal. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa jumlah air yang terdapat pada tubuh seseorang berbeda-beda, tergantung situasi dan keadaan tubuh seseorang. Contohnya saja pada Ibu hamil, janin yang di kandungnya saja kandungan airnya mencapai 100% , pada saat dilahirkan kadar airnya mencapai 75%, pada orang dewasa kadar airnya mencapai 60%, dan pada orang yang lanjut usia kadar airnya mencapai 50%. Oleh karena itu kita dituntut untuk dapat menjaga kadar air yang ada di dalam tubuh agar tetap stabil/normal.

Air sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap segar dan bugar. Jadi, sangat salah besar jika ada yang mengatakan bahwa air putih dikonsumsi hanya untuk menghilangkan dahaga atau untuk memperlancar saat menelan makanan ketika sedang makan saja.

Apabila kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami yang namanya dehidrasi dan akan mudah terserang penyakit. Selain untuk membantu dan memperlancar proses pencernaan dalam tubuh serta untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh, dengan meminum air putih itu juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Maka tidak heran jika seseorang sedang sakit, maka dokter akan menganjurkan agar mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.

Kemudian juga bagi orang yang mengkonsumsi obat-obatan medis dalam jumlah yang banyak/sering minum obat karena mungkin mengidap penyakit yang susah sembuh atau memerlukan waktu yang lama juga di haruskan mengkonsumsi air putih yang lebih, hal tersebut untuk membantu kerja ginjal kita. Karena dengan mengkonsumsi obat-obatan medis yang mengandung berbagai zat kimia, kerja ginjal akan di porsir dan apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka akan menimbulkan penyakit yang baru yaitu sakit ginjal.

Berikut beberapa fungsi air putih bagi tubuh manusia:
  1. Menjaga kesegaran tubuh.
  2. Menjaga daya tahan tubuh.
  3. Membantu memperlancar proses pencernaan.
  4. Membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.
  5. Melarutkan dan mengangkut zat-zat atau kandungan gizi yang di peroleh dari makanan ke seluruh bagian tubuh.
  6. Air berfungsi sebagai kapalisator untuk mempermudah dan mempercepat reaksi biologis pada tubuh.
  7. Air berfungsi sebagai pelumas sendi-sendi yang ada pada tubuh.
  8. Air juga berfungsi sebagai peredam bagi tubuh saat tubuh mengalami benturan.
  9. Air putih berfungsi untuk memperlambat proses pertumbuhan zat-zat penyebab kanker, serta mencegah penyakit batu ginjal dan hati.
  10. Untuk perawatan kecantikan, menjaga kelembaban dan kesahatan kulit.
  11. Untuk kesuburan, meningkatkan produksi hormon testoteron pada laki-laki dan hormon esterogen pada wanita.
  12. Menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, gangguan saluran papas, usus, dan penyakit kewanitaan.
  13. Air panas juga dapat mengobati berbagai penyakit kulit serta efektif membantu penyembuhan sakit lumpuh akibat terkena stroke.
  14. Memberikan efek relaksasi pada syaraf dan organ tubuh.
  15. Menjaga tubuh agar tetap bugar dan fit.
  16. Membantu mencegah bau badan.
  17. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menahan serangan virus yang masuk.
  18. Membantu menghilangkan capek, pegal, dan lelah serta stres setelah beraktivitas seharian.
  19. Membuat rambut tetap sehat, indah, dan tidak kusam.
  20. Obat alami untuk mencegah timbulnya jerawat, membuat wajah menjadi bebas jerawat dan noda sehingga wajah akan terlihat lebih segar.
  21. Mencegah/memperlambat timbulnya kerutan pada wajah.
Selain itu dengan rutin meminum air putih dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit sebagai berikut:
  1. Sakit kepala.
  2. Asma.
  3. Hostortobics.
  4. Darah Tinggi.
  5. Bronchitis.
  6. Kencing Manis.
  7. Kurang Darah.
  8. Penyakit Mata.
  9. Rematik.
  10. Radang Otak.
  11. Pendarahan Pada Mata.
  12. Lumpuh/Stroke.
  13. Batu Ginjal.
  14. Kegemukan.
  15. Penyakit Saluran Kencing.
  16. Haid Tidak Teratur.
  17. Radang/Sakit persendian.
  18. Obat Asam Urat yang alami.
  19. Leukimia.
  20. Radang Selaput Lendir.
  21. Diare/Mencret.
  22. Kanker Peranakan.
  23. Ganguan Jantung.
  24. Kanker Payudara.
  25. Mabuk.
  26. Pusing.
  27. Gamang.
  28. Ambien.
  29. Radang Tenggorokan.
  30. Batuk.
  31. Sembelit.
  32. Serta berbagai penyakit lainnya.
Mengingat begitu besarnya fungsi air putih bagi tubuh, maka usahakanlah agar dapat mengkonsumsi air putih secara rutin dalam jumlah yang tepat yang diperlukan oleh tubuh yang tentunya disesuaikan juga dengan situasi dan kondisi tubuh. Semakin besar tingkat aktivitas yang kita lakukan maka tubuh akan memerlukan air dalam jumlah yang besar pula. Lebih baik menjaga kesehatan sejak dini daripada harus mengobati penyakit.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika anda menyukai postingan ini dan sekiranya bermanfaat, mohon bantu untuk share di sosial media seperti facebok, twitter, dan sebagainya.

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

3 komentar

saya jarang sekali minum air putih dan kalo sekali minum air putih hanya sedikit sesudah makan.
salam kenal :)

Salam kenal kembali mbak.. :)

kalau saya alhamdulillah emang dari dulu suka banyak minum.. hehehe

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon