Monday, November 17, 2014

Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Tags

Khasiat Kayu Manis
Kayu manis yang dalam bahasa latinnya disebut Cinnamoman Burmani ini tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur saja. Rempah yang memiliki sifat hangat, pedas, wangi, dan sedikit manis ini juga memiliki kegunaan lain di bidang kesehatan.

Kayu manis dapat digunakan untuk mengobati Asam Urat, Hipertensi, Maag, Sakit Kepala, Jerawat, dsb.

  • Mengobati Hipertensi
    Sediakan : 10 gram Asam Trengguli, 2 jari Kayu Manis, 10 gram Kencur, 15 gram Daun Sena, dan 20 gram Daun Saga.
    Cara mengolahnya : Rebus semua bahan-bahan tersebut dengan 500 cc air sampai tersisa sekitar 200 cc. Lalu saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat.

    Sediakan : 1 jari Kayu Manis, 10 gram Asam Trengguli, 60 gram Rambut Jagung, dan 30 gram Seledri.
    Cara mengolahnya : Rebus semua dengan 600 cc air sampai tersisa sekitar 300 cc. Lalu saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat-hangat

  • Mengobati Jerawat
    Sediakan : 1 sdm Madu dan 1 sdt kayu manis halus.
    Cara mengolahnya : aduk kedua bahan tersebut di dalam mangkuk sampai merata. Lalu gunakan untuk maskeran ke muka dengan cara mengoleskannya ke muka secara merata, bisa menggunakan tangan atau menggunakan kuas agar hasilnya lebih baik/merata. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit sampai terasa agak kering. Kemudian bilas masker tersebut dengan air dingin sambil dipijit-pijit lembut dengan gerakan melingkar.

  • Mengobati Asam Urat
    Sediakan : 1 ibu jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 200 gram ubi jalar merah, 10 butir merica, dan 15 gram jahe merah.
    Cara mengolahnya : Rebus semuanya dengan 1.500 cc air sampai tersisa 500 cc. Kemudian saring ramuan tersebut dan tambahkan 200 cc air susu cair ke dalam ramuan yang telah disaring tersebut. Minum ramuan tersebut selagi hangat. Untuk ubi jalar yang tadi ikut direbus bersamaan dengan ramuan lainnya bisa di makan sambil meminum ramuan tersebut.

  • Mengobati Diare
    Sediakan : 5 lembar daun jambu biji, 5 gram kayu manis, dan gula secukupnya.
    Cara mengolahnya : Rebus semuanya dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Lalu disaring dan tambahkan gula secukupnya. Minum sebanyak 2 kali sehari. Sekali minum cukup 150 cc saja.

  • Mengobati Maag
    Sediakan : 10 gram kayu manis.
    Cara mengolahnya : rebus kayu manis tersebut dengan 200 cc air sampai tersisa 100 cc. Kemudian disaring lalu minum ramuan tersebut selagi hangat.

  • Mengobati Sakit Kepala
    Sediakan : 10 gram kayu manis, 3 butir cengkeh, 5 gram biji pala, 5 gram merica, dan 10 gram jahe.
    Cara mengolahnya : Satukan semua bahan-bahannya lalu tumbuk sampai halus, setelah itu seduh dengan air panas secukupnya, saring, dan minumlah secara teratur.

  • Mengobati Masuk Angin dan Perut Kembung
    Sediakan : 5 gram kayu manis, 10 gram jahe, 5 butir cengkeh, 5 gram adas, 5 gram adas, dan 5 gram pulasari, 5 gram pala, dan gula aren secukupnya.
    Cara membuatnya : Rebus semua bahan menjadi satu dengan 800 cc air sampai tersisa sekitar 450 cc air. Lalu saring dan minum selagi hangat. Lakukan sebanyak 3 kali sehari. Sekali minum sekitar 150 cc.
Demikianlah informasi mengenai pengobatan berbagai macam penyakit menggunakan ramuan herbal dari kayu manis tersebut. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jaga terus kesehatan kita, karena nikmat sehat lebih berharga dibandingkan apapun.

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon