Sunday, February 19, 2017

Cara Sharing Printer Pada Windows Melalui Jaringan LAN / Wifi


Cara Sharing Printer Pada Windows Melalui Jaringan LAN / Wifi


Cara Sharing Printer Pada Windows Melalui Jaringan LAN / Wifi - Seperti hal nya Sharing File, Folder da Drive Komputer, Sharing Printer pada suatu perusahaan juga memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat melakukan menekan biaya operasional dan menghemat waktu. Bayangkan saja jika seandainya di dalam sebuah perusahaan ada 10 karyawan dan masing-masingnya menggunakan komputer dan membutuhkan printer.

Tentu akan sangat besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan jika masing-masingnya diberikan printer. Tentu akan lebih efisien jika perusahaan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti jaringan LAN / Wifi yang ada dipadukan dengan fitur sharing printer yang disediakan oleh masing-masing windows dan printer yang ada.

Mengingat banyaknya manfaat dari melakukan sharing printer tersebut untuk itu saya ingin berbagi pengalaman bagaimana caranya melakukan sharing printer melalui jaringan LAN / Wifi tersebut. Apalagi sharing printer tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan besar saja. Berikut Cara Sharing Printer Pada Windows Melalui Jaringan LAN / Wifi tersebut.

Cara Sharing Printer Pada Windows Melalui Jaringan LAN / Wifi

1. Pilih komputer yang akan dijadikan server/komputer yang terhubung dengan printer.

2. Aktifkan fitur file and printer sharing dengan cara klik Start Button lalu pilih Device and Printer.


3. Maka akan muncul jendela baru yang menampilkan berbagai macam perangkat keras yang terhubung dengan komputer.


4. Sampai pada tahap ini silahkan pilih printer mana yang akan dishare. Lalu klik kanan pada printer terpilih lalu pilih Properties
 
5. Maka akan muncul jendela baru yaitu Windows Printer Properties lalu pilih Tab Sharing.

6. Kemudian beri CheckBox pada pilihan Share this printer. Disini kita bisa memberi nama printer yang dishare sesuai keinginan.


7. Lalu klik Apply, Ok. Printer sudah berhasil disharing dan bisa dipakai oleh setiap komputer yang sudah terhubung dalam satu jaringan baik jaringan LAN/Wifi.

Cara Mengakses Printer Yang Sudah Disharing Tersebut

Buka windows eksplorer dan ketikkan pada adress bar IP Adress komputer server tadi atau komputer yang melakukan sharing printer tadi. Misalkan IP Adress komputer servernya adalah 192.168.10.10 maka ketikan pada adress bar seperti ini \\192.168.10.10. 

Maka kita akan melihat apa saja yang telah dishare oleh komputer server tersebut, salah satunya pasti ada printer tersebut. Maka klik kanan pada printer tersebut dan pilih Connect, tunggu sampai selesai dan printer sudah bisa dipakai untuk melakukan printing.


Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon