Wednesday, October 4, 2017

Cara Mengecek File Download Dengan Bantuan MD5 Hash

Cara Mengecek File Download Dengan Bantuan MD5 Hash
Cara Mengecek File Download Dengan Bantuan MD5 Hash - Bagi teman-teman yang sering melakukan download file di dunia maya baik itu game, software atau jenis file lainnya pasti pernah mengalami kekecewaan karena setelah capek-capek mendownload ternyata file tersebut tidak bisa dibuka atau dijalankan alias corrupt. Padahal rasanya sudah sangat yakin bahwa file tersebut sudah selesai didownload dan tidak ada masalah.

Lalu, bagamana kita bisa yakin bahwa file yang sudah kita download tersebut memang sudah benar-benar sama dan lengkap seperti yang ada server?

Nah, untuk itu lah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya dapatkan mengenai cara mengecek apakah file download tersebut sudah lengkap dan sama dengan yang ada di server tempat mendownloadnya.

Untuk mengetahui apakah file download sudah lengkap dan sama dengan yang ada di server tempat mendownload kita akan menggunakan bantuan MD5 Hash.

MD5 Hash sendiri adalah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah berkas.

Berikut cara memeriksa file dengan bantuan MD5 Hash.
  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi MD5 Hash pada link download yang ada di akhir postingan ini.
  • Instal aplikasi tersebut, ikuti prosesnya sampai selesai.
  • Jalankan aplikasi MD5 Hash, lalu klik "Browse" dan pilih dimana tempat anda menyimpan file yang akan anda cek.
  • Maka proses checking akan berjalan, biarkan sampai selesai. Sembari menunggu hasil checkingnya selesai anda bisa copykan MD5 yang telah anda dapatkan dari server tempat anda mendownload file tadi ke dalam kolom nomor dua yang ada di bawah bar loading proses checking seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Mengecek File Download Dengan Bantuan MD5 Hash
  • Jika MD5 nya sama dengan yang dicantumkan di server tempat mendownload file tersebut berarti file yang anda download tersebut sudah komplit dan sama persis dengan yang di upload di server tersebut.
    Cara Mengecek File Download Dengan Bantuan MD5 Hash
Demikianlah Cara Mengecek File Download Dengan Bantuan MD5 Hash tersebut. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Click link above to save MD5 Hash
Password :

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan Dunia IT khususnya masalah software, game dan sebagainya. Blog ini juga sebagai media sosial untuk berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya agar lebih bermanfaat.

- Dilarang SPAM

- Dilarang Pasang Link Aktif

- Harus Sopan.
EmoticonEmoticon