Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Crack dan Patch Pada Software

RudiEtnovian.Com - Saya yakin teman-teman semua pasti sering mendengar istilah Crack dan Patch.

Cara Menggunakan Crack dan Patch Pada Software

Rasanya sangat mustahil jika ada yang mengaku belum pernah dengar, mungkin malah sering lihat seperti apa yang dimaksud dengan Crack dan Patch, apalagi buat teman-teman yang memang kesehariannya bergelut dengan komputer, baik yang memang suka dengan software maupun yang hanya sekedarnya saja.

Pada paket download software gratisan pasti sering ditemukan adanya file crack atau patch, karena jika menggunakan software yang original atau yang freeware bisa dipastikan kita tidak akan menemukan file crack atau patch ini.

Crack dan Patch ini memang hanya akan disering dijumpai pada software-software yang gratisan tapi bukan yang original atau freeware, dengan kata lain software bajakan.

Secara, fungsi dari Crack dan Patch tersebut memang untuk menjadikan software yang tadinya belum full version menjadi full version tanpa harus mendapatkan serial numbernya dari pabriknya secara resmi.

Pada postingan kali ini kita akan mencoba membahas satu persatu cara penggunaan Crack dan Patch tersebut.

Hal ini bertujuan agar nantinya teman-teman bisa lebih mudah memahaminya, karena ternyata sampai saat ini masih ada diantara  teman-teman semua yang menanyakan cara menggunakan Crack dan Patch tersebut setelah berhasil mendownload software di blog ini.

CARA MENGGUNAKAN CRACK

  1. Setelah teman-teman mendownload software yang ada di blog RudiEtnovian.Com, silahkan ekstrak software tersebut dari dalam RAR.
  2. Instal software seperti biasa, ikuti proses instalasi nya sampai selesai.
  3. Setelah proses instal selesai, jangan langsung jalankan software tersebut.
  4. Pastikan software yang baru diinstal tadi tidak sedang berjalan. Perlu diingat bahwa sebagian software ada yang langsung berjalan sendiri setelah diinstal seperti software IDM contohnya.
    Oleh karena itu setelah menginstal sebuah software, teman-teman harus cek pada tasksbar komputer teman-teman, apakah software tadi langsung berjalan atau tidak. (Lihat pada sudut kanan bawah monitor/dekat jam.) Jika software tersebut berjalan, maka harus sobat matikan terlebih dahulu. (Klik kanan pada icon software >> pilih EXIT atau CLOSE.)
  5. Setelah dipastikan software tidak berjalan. Silahkan copykan file Crack yang ada pada paket download tadi ke dalam folder dimana software yang bersangkutan diinstal. Biasanya ada di directory C:\Program File\folder software yang baru diinstal.
    Jika ada konfirmasi pada saat mengcopy yang biasanya menanyakan apakah akan mengganti file yang sudah ada dengan yang baru. Versi english nya "File already exists, would you like to replace the existing file". Pilih saja "YES". Biasanya ini terjadi pada software yang memang tidak perlu diapa-apain melainkan hanya menggati file .exe file yang bersangkutan dengan file .exe yang sudah full version.
    Untuk mengetahuinya teman-teman tinggal lihat apakah file yang ada dalam folder crack yang tersedia dalam paket download tersebut sama dengan file hasil download, biasanya sih icon dan namanya sama persis. Jika demikan adanya, berarti proses menjadikan full version cukup sampai tahap ini.
  6. Jika file crack nya bukan seperti dijelaskan pada poin 5 di atas, biasanya tidak akan ada konfirmasi apapun saat mengcopy file crack tersebut, file akan langsung dicopy begitu saja. Maka sekarang yang harus sobat lakukan adalah menjalankan file Crack yang sudah dicopy tadi dengan cara klik 2x pada file crack dan klik tombol CRACK, lalu ikuti prosesnya sampai selesai.
  7. Setelah selesai silahkan restart komputernya untuk penyempurnaan proses cracking tadi. Sebagian software ada yang memang tidak mengharuskan untuk merestart komputer setelah proses cracking. Tapi alangkah lebih baiknya jika teman-teman me-restart nya terlebih dahulu.

CARA MENGGUNAKAN PATCH

  1. Langkah/tahapan penggunaan Patch tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan Crack (mulai dari poin 1-4 di atas).
  2. Setelah melakukan langkah seperti pada poin 1-4 seperti pada penggunaan Crack di atas sekarang yang harus teman-teman lakukan adalah mengcopy file Patch yang disertakan dalam paket download ke dalam folder dimana software yang bersangkutan diinstal.
  3. Klik 2x pada file Patch untuk menjalankan file Patch tersebut. Lalu klik tombol PATCH dan ikuti perintah-perintah yang ada sampai selesai.
  4. Setelah selesai sekarang saatnya teman-teman me-restart komputer teman-teman sebelum teman-teman menggunakan software tersebut.

Demikianlah Cara Menggunakan Crack dan Patch yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Mohon maaf jika merasa jenuh karena teksnya panjang, Saya hanya mencoba menjelaskan secara detail sebisanya agar teman-teman tidak bingung lagi dalam menggunakan Crack dan Patch tersebut.

Bagi teman-teman yang lain mungkin bisa menambahkan jika ada yang kurang, karena langkah-langkah di atas berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan