Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Browsing File Pada Komputer

RudiEtnovian.Com - Cara Mempercepat Browsing File Pada Komputer. Browsing yang dimaksud disini bukan browsing internet yang menggunakan browser seperti firefox, opera, dan lain sebagainya. Melainkan browsing yang bertujuan mencari file atau dokumen yang dilakukan pada windows explorer.

Cara Mempercepat Browsing File Pada Komputer

Teman-teman pasti pernahkan ketika memerlukan sebuah file tapi ternyata, kalian lupa dimana menyimpan file tersebut. Hal seperti ini akan sangat merepotkan jika di komputer kalian ada banyak sekali folder dan file yang ada di masing-masing foldernya juga banyak. Tentu akan sangat merepotkan jika harus membuka folder satu per satu.

Cara paling mudah untuk melakukan pencarian file tersebut yaitu menggunakan fitur Search/pencarian yang disediakan windows pada komputer tersebut. Akan tetapi proses pencariannya sangat lama dan memakan waktu yang lama, karena komputer akan membutuhkan waktu (delay) untuk menelusuri semua folder.

Apalagi kalau di harddisk komputer tersebut sudah tersimpan puluhan, ratusan atau bahkan ribuan file. Sementara kalian membutuhkan file tersebut dengan segera.

Nah, solusi agar pencarian file tersebut menjadi lebih cepat adalah dengan menon-aktifkan fitur pencarian pada file-file network dan printer. Karena kedua hal tersebutlah yang membuat proses pencarian file tersebut menjadi lebih lama.

Jadi ketika kita melakukan pencarian file pada explorer, maka secara otomatis komputer akan melakukan pencarian pada pada semua ruang pada komputer termasuk file-file network dan printer.

Agar pencarian lebih cepat dan hanya tertuju pada harddisk saja, hentikan proses pencarian secara otomatis pada folder network dan printe tersebut.

Terkecuali kalau memang komputer tersebut terhubung dengan printer atau jaringan lainnya.

Bagi teman-teman yang ingin menon-aktifkan proses pencarian otomatis pada folder netwok dan printer tersebut, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Klik START.
  2. Pilih My Computer/Computer.
  3. Pilih Tools (lihat bagian atas windows explorer).
  4. Pilih Folder Option.
  5. Pilih View.
  6. Hilangkan ceklis pad Automatically search for network folders and printers check box.
  7. Lalu klik Apply.
  8. Terakhir, lakukan Restart pada komputer tersebut.
Setelah melakukan pengaturan seperti yang telah disebutkan diatas, silahkan teman-teman coba kembali untuk melakukan searching, pasti bakalan terasa lebih cepat dari sebelumnya.

Demikianlah Tips Komputer mengenai Cara Mempercepat Browsing File Pada Komputer tersebut. Semoga dengan menon-aktifkan proses pencarian otomatis pada folder network dan printer tersebut bisa mempercepat pencarian file penting kalian. Selamat mencoba.


Catatan : Tested on XP.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan