Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Di Google Play Store

Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Di Google Play
Tampilan Google Play Store

RudiEtnovian.Com - Sebagai penyedia aplikasi resmi, Google Play Store merupakan tempat yang paling aman unduh mengunduh aplikasi-aplikasi android.

Akan tetapi, ada satu kendala yang sering sekali dialami para pengguna android saat mengunduh aplikasi dari Google Play Store ini, yaitu sering mengalami yang namanya "download aplikasi tertunda".

PENYEBAB DOWNLOAD APLIKASI DI GOOGLE PLAY STORE TERTUNDA

Saat sedang mendownload sebuah aplikasi, tiba-tiba saja proses downloadnya menjadi tertunda dan hal seperti itu berlangsung sangat lama, bahkan saya sendiri pernah mengalami sampai berhari-hari.

Sudah dicoba mengulang mendownload dari awal, tapi tetap saja nanti ujung-ujungnya proses download tertunda lagi.

Kendala seperti ini sebenarnya bukan salah di Google Play Store nya melainkan ada di ponselnya sendiri.

Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

☑️ Koneksi Jaringan Internet yang bermasalah/tidak stabil.

☑️ Salah memilih opsi download.

☑️ Adanya cache/data lama yang masih tersimpan di ponsel sebelumnya.

CARA MENGATASI DOWNLOAD APLIKASI TERTUNDA DI GOOGLE PLAY STORE

Jika diantara teman-teman semua ada yang mengalami hal seperti yang saya sebutkan di atas, teman-teman tidak perlu panik, silahkan ikuti beberapa Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Di Google Play Store tersebut.

MEMILIH JARINGAN INTERNET YANG TEPAT SAAT MENDOWNLOAD

Sebelum melakukan cara ini, terlebih dahulu cek opsi koneksi data yang di gunakan untuk mendownload aplikasi tersebut.

Terkadang saat mendownload aplikasi yang berukuran cukup besar akan muncul opsi jaringan internet yang akan di gunakan, mau menggunakan jaringan data atau jaringan wi-fi.

Hal ini akan berpengaruh pada ponsel, karena jika memilih mendownload menggunakan jaringan wi-fi dan ternyata pada saat itu sedang tidak terhubung dengan jaringan wi-fi maka proses download akan terhenti sampai ponsel tersebut terhubung dengan jaringan wi-fi.

Jika seperti ini masalahnya, hanya karena salah memilih opsi jaringan internet yang digunakan untuk mendownload, hal yang perlu dilakukan adalah membatalkan proses download lalu mengulang lagi dari awal dan jangan pilih opsi menggunakan jaringan wi-fi saat mendownload.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat akan mendownload aplikasi apapun yaitu, proses download harus dilakukan pada saat koneksi jaringan internet dalam keadaan stabil.

RESET KONEKTIVITAS

Jika sudah dipastikan tidak salah memilih jaringan internet yang digunakan saat mendownload maka lakukan cara yang kedua yaitu reset koneksi ponsel anda.

Untuk melakukan reset konektivitas ini caranya sangat mudah yaitu aktifkan mode pesawat selama beberapa menit.

Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Di Google Play Store
Mode Pesawat

Setelah itu matikan mode pesawat dan aktifkan kembali mode jaringan data internet di ponselnya teman-teman semua.

Cara mengaktifkan mode pesawat tersebut bisa melalui Menu Quick Setting, dengan menarik layar atas ponsel ke arah bawah atau dari arah bawah ke atas (tergantung jenis ponselnya).

MEMBERSIHKAN CACHE APLIKASI

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan, tapi tetap tidak menyelesaikan permasalahan download tertunda tersebut maka lakukan cara yang ketiga, yaitu bersihkan cache ponsel/aplikasi terkait.

Cache ini sebenarnya sangat membantu sekali bagi sebuah aplikasi maupun ponsel.

Dengan adanya cache ini maka saat sebuah aplikasi di jalankan kembali, aplikasi bisa langsung terbuka dan tidak perlu membuat data baru sehingha proses loading akan menjadi lebih cepat.

Akan tetapi jika di sebuah ponsel tertalu banyak aplikasi yang diinstal dan dijalankan maka bisa dipastikan ponsel tersebut akan mempunyai tumpukan cache.

Hal seperti akan berpengaruh juga pada kinerja ponsel tersebut.

Akan ada masanya saat menjalankan sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut akan seperti tersangkut.

Nah, masalah download yang tertunda pada Google Play Store tadi juga merupakan efek dari cache ini tadi.

Jadi usahakan harus rajin membersihkan cache pada setiap aplikasi yang ada terutama yang mempunyai banyak aplikasi pada ponselnya.

Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Di Google Play Store
Cara Clear Cache Google Play Store

Berikut cara membersihkan cache aplikasi atau ponsel tersebut.

✔️ Buka menu Setting.

✔️ Scroll ke bawah, pilih menu Apps.

✔️ Pilih aplikasi Google Play Store.

✔️ Pilih Storage (penyimpanan), lalu pilih Clear Cache.

MUAT ULANG (RESTART) PONSEL

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan ternyata permasalahnya masih belum terselesaikan, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah lakukan Restart atau muat ulang ponsel anda.

Dengan melakukan restart atau memuat ulang ponsel maka saat ponsel tersebut hidup kembali, ponsel tersebut akan kembali ke kondisi prima dan beberapa pengaturan yang bersifat sementara akan kembali ke kondisi semula.

Oleh karena itu, cara yang satu ini biasanya menjadi solusi dari beberapa permasalahan yang ada pada sebuah ponsel saat digunakan.

Demikian Cara Mengatasi Download Aplikasi Tertunda Di Google Play Store tersebut. Semoga bisa bermanfaat dan masalah pada ponsel teman-teman semua bisa terselesaikan.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan