Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencampur Pupuk Daun, Insektisida Dan Fungisida Yang Benar

Cara Mencampur Pupuk Daun, Insektisida Dan Fungisida Yang Benar

RudiEtnovian.Com - Dalam bertani, baik yang skala kecil maupun skala besar, ada satu tahapan penting yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu tahap perawatan dan pemupukan.

Salah satu bentuk pemupukan yang biasa digunakan yaitu penggunaan pupuk daun. Dimana proses pemupukannya melalui penyemprotan pada permukaan daun atau seluruh bagian tanaman.

Mungkin diantara teman-teman semua ada yang berasumsi bahwa pupuk daun adalah pupuk menyuburkan pertumbuhan tunas dan daun saja. Karena saya sendiri juga awalnya berasumsi demikian.

Dalam pengaplikasiannya pupuk daun ini bisa dikombinasikan dengan insktisida atau fungisida dalam satu kali penyemprotan.

Hal pengkombinasian pupuk daun dengan insektisida atau fungisida ini bertujuan efektifitas pekerjaan, agar bisa menghemat waktu dan tenaga.

Karena bisa dibayangkan bagaimana repotnya kalau penyemprotan pupuk daun dan penyemprotan insektisida atau fungisida tersebut dilakukan secara terpisah.

Sementara keduanya bisa dikombinasikan sehingga penyemprotannya bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan. 

APAKAH PUPUK DAUN BOLEH DICAMPUR DENGAN INSEKTISIDA ATAU FUNGISIDA?

Pertanyaan seperti itu sudah sangat lumrah sekali, terutama bagi pemula seperti saya ini.

Boleh, pupuk daun boleh saja di-mix (dicampur) dengan insektisida atau fungisida.

Pupuk daun dan insektisida mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan hasil produksi tanaman.

Pupuk daun mengandung unsur hara makro dan unsur hara mikro lengkap yang sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam upaya mengoptimalkan pertumbuhan dan produksi tanaman.

Sedangkan insektisida untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang tujuannya juga sama yaitu untuk meningkatkan produksi tanaman.

Sehingga penggunaan pupuk dan dan insektisida atau fungisida memang tidak bisa dipisahkan, karena saling besinergi untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

CARA MENCAMPUR PUPUK DAUN DENGAN INSEKTISIDA ATAU FUNGISIDA YANG BENAR

Meskipun melakukan pencampuran pupuk daun dengan insektisida atau fungisida boleh dilakukan, tapi tetap saja ada ketentuan yang harus diperhatikan dalam melakukan mixing (kombinasi) pupuk daun dengan insektisida atau fungisida tersebut.

Pencampuran pupuk daun dan insektisida tersebut tidak boleh dilakukan asal-asalan agar fungsi masing-masingnya tidak terganggu.

Berikut ini adalah ketentuan dalam melakukan pencampuran pupuk daun dengan insektisida atau fungisida tersebut :

☑️ Pilihlah pupuk daun yang memiliki pH larutan netral atau mendekati (pH 5,5 - 7,0) terutama yang mengandung unsur-unsur micro dalam bentuk chellate, yaitu micronsel.

☑️ Pupuk daun seperti yang disebutkan diatas bisa dicampur dengan insektisida maupun fungisida yang berformulasi WP, EC, EW dan E.

☑️ Untuk insektisida atau fungisida yang larut dalam air dengan formulasi AS, SL, SP, SC, WSC sebaiknya dilakukan uji kompatibilitas terlebih dahulu. Sebab ada beberapa jenis yang tidak kompatibel.

☑️ Cara uji kompatibilitas :

> Larutkan pupuk daun dalam air.

> Larutkan insektisida atau fungisida dalam air terpisah.

> Lalu campur keduanya dalam tempat yang sama.

> Jika setelah dicampurkan tidak terjadi reaksi apa-apa, seperti terbentuk gumpalan dan sebagainya, berarti pupuk daun dan insektisida atau fungisida tersebut bisa dicampur dan diaplikasikan dalam waktu yang bersamaan.

Akan tetapi jika terjadi reaksi seperti terbentuk gumpalan, berarti pupuk daun dan insektisida atau fungisida tersebut tidak bisa dikombinasikan dan memang harus diaplikasikan secara terpisah.

Demikianlah Cara Mixing Pupuk Daun Dengan Insektisida Atau Fungisida Yang Benar.


Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan
Iklan