Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meluruskan Persepsi Yang Salah Mengenai Pesantren

Pesantren Adalah Tempat Terbaik Untuk Pendidikan Jasmani Dan Rohani Generasi Muda Islam

RudiEtnovian.Com - Pesantren, setiap kali mendengar nama ini jantung serasa berdetak lebih kencang. Ada berjuta rasa yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata, yang pasti diri ini sangat merindukan tempat dan "atmosfer" yang ada di tempat tersebut.

Sepertinya tidak ada tempat yang senyaman dan setenang pesantren. Bahkan dua kata itu saja belum cukup rasanya untuk menggambarkan semua hal tentang pesantren.

Saya pribadi sangat tidak setuju, bila ada yang mengatakan bahwa pesantren merupakan tempat, tujuan atau pilihan terakhir yang dipilih oleh para orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka saat tidak diterima di lembaga pendidikan lainnya.

Apalagi kalau sampai ada yang mengatakan "ya sudah lah, daripada tidak sekolah, lebih baik masuk pesantren saja."

Karena menurut saya pribadi tidak ada satu pun tempat atau lembaga pendidikan sampai detik ini yang bisa melampaui pesantren.

Jujur saja, saya sangat heran jika sampai saat ini masih saja ada orang-orang yang masih memandang sebelah mata terhadap pesantren.

Kalau ada yang bilang di pesantren itu tidak bisa bebas karena peraturannya sangat ketat. Itu saya setuju. Tapi itu semua memang dibuat sedemikian rupa karena untuk tujuan pendidikan dan pembinaan para santri-santrinya.

Kalau dijelaskan satu persatu mengenai kehidupan pesantren, akan sangat panjang sekali penjelasannya.

Pada intinya saya ingin mengatakan bahwa dunia pesantren tidak se-primitif, se-kuno atau bahkan seburuk yang dikatakan oknum-onum yang tidak bertanggung jawab diluar sana.

Di pesantren para santri-santrinya tidak hanya dibekali ilmu duniawi saja tapi juga akan dibekali oleh ilmu-ilmu agama yang bermanfaat sampai ke akhirat.

Jadi, gelar Sekolah Plus seperti yang banyak digadang-gadang oleh masyarakat luas itu selayaknya ditujukan untuk pesantren.

Hal ini, akan terlihat jelas jika kita melihatnya dengan cermat, karena ada banyak hal yang diajarkan di pesantren yang tidak diajarkan di tempat lain.

Jadi tidak heran jika akan banyak kita temui ada santri yang serba bisa dan siap 

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan