Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Pemangkasan (Perwiwilan) Tanaman Tomat Yang Benar

Tanaman tomat yang sudah siap panen

RudiEtnovian.Com - Dalam budidaya tanaman tomat ini ada satu kegiatan yang harus dilakukan agar produksi tanaman tomat menjadi maksimal.

Salah satunya yaitu pemangkasan atau perwiwilan tunas batang, daun dan batang tanaman tomat.

Pemangkasan atau perwiwilan pada tanaman tomat ini dilakukan bertujuan agar semua nutrisi yang didapat tanaman tomat tersebut bisa fokus untuk meningkatkan produksi buah saja.

Pemangkasan atau perwiwilan ini dilakukan hanya pada tunas baru dan beberapa daun yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa langkah dalam melakukan pemangkasan tanaman tomat tersebut.

PEMANGKASAN TUNAS BATANG (SUCKER)

Tunas batang yang dimaksud adalah tunas baru yang tumbuh di antara cabang dengan batang tomat (indeterminate).

Tunas batang yang harus dipangkas

Pangkaslah semua tunas batang tersebut menggunakan gunting (sterilkan gunting atau pisau setiap kali akan digunakan) atau menggunakan cara sederhana dengan menekuk tunas batang tersebut ke kanan dan ke kiri sampai putus.

Cara memangkas tunas batang tanaman tomat

Pemangkasan tunas batang ini berlaku untuk semua varietas tomat.

Pemangkasan seperti ini dilakukan agar nutrisi yang diperoleh tanaman tomat tersebut bisa fokus untuk perkembangan buah dan batang tengah saja sehingga dapat menjadikan tanaman tomat bisa tumbuh dengan batang tengah yang kokoh.

PEMANGKASAN DAUN DAN BATANG

Untuk pemangkasan daun dan batang yang dimaksud yaitu daun dan batang yang muncul di bawah tandan bunga pertama, bukan tunas daun.

Tapi apabila anda menanam tomatnya di daerah yang hangat atau bahkan panas, pemangkasan daun dan batang ini tidak perlu dilakukan.

Biarkan saja daun dan batang yang ada di bawah tandan bunga pertama tersebut layu dan menguning dengan sendirinya.

Hal ini bertujuan agar media tanam (tanah) yang ada di bawah (daerah akar dan batang) tidak terpapar sinar matahari secara langsung, sehingga media tanam menjadi lebih lembab, setidaknya sampai tanaman mencapai usia dewasa.

Sementara apabila tanaman tomat tersebut ditanam di daerah atau lingkungan yang lembab, maka pangkas habis semua daun dan batang yang ada di bawah tandan bunga pertama tanpa terkecuali.

Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara di sekitar tanaman tomat menjadi lebih baik.

Udara yang lembab akan membuat tanaman tomat menjadi lebih rentan terserang penyakit, karena bibit penyakit menjadi lebih mudah tumbuh dan berkembang.

Selain itu suhu udara yang lembab juga menjadikan setiap luka yang terjadi setiap kali melakukan pemangkasan menjadi lebih lama proses pemulihannya, sehingga tanaman akan lebih rentan terserang penyakit.

TUNAS BATANG BERUKURAN TEBAL

Agar tidak merusak batang, tunas batang yang berukuran tebal jangan dipotong, biarkan saja.

Apabila tunas batangnya sudah sebesar pensil, lakukan pemangkasan hanya pada ujung tunasnya saja dengan menyisakan satu atau dua helai daun saja untuk fotosintesis dan menjaga kelembaban buah agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Untuk memotong tunas batang yang sudah tebal tersebut harus menggunakan teknik pemangkasan Missouri.

Kekurangan dari pemangkasan tunas batang ini adalah akan adanya pertumbuhan tunas batang yang baru pada tunas batang yang tidak dipangkas.

Sehingga harus dilakukan pemangkasan kembali nantinya.

Akan tetapi teknik seperti ini merupakan teknik yang bagus apabila harus menangani banyak tunas batang pada tanaman tomat.

Kelebihan dari teknik ini yaitu apabila luka bekas potongan tadi terserang penyakit, lokasinya berada jauh dari batang utama.

Dalam metode seperti ini juga akan membuat tanaman tidak terlalu kaget, karena pemotongan tunas batangnya masih menyisakan beberapa centimeter dari batang utama.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam pemotongan tunas batang ini yaitu lakukanlah pemangkasan tunas batang secara rutin sepanjang musim agar tanaman tomat tetap sehat, paling tidak satu atau dua kali dalam seminggu.

PANGKAS TANDAN BUAH YANG BERLEBIHAN

Dalam hal ini maksudnya adalah memangkas cabang tempat keluarnya tandan buah yang tumbuh langsung dari batang utama. Tumbuhnya di atas tandan bunga, mulai dari tandan bunga pertama dan seterusnya.

Khusus untuk tanaman tomat indeterminate, pangkas semua cabang yang tumbuh di atas tandan bunga, cukup sisakan 4 atau 5 tandan buah saja. Pilih tandan yang benar-benar kuat saja.

Selain itu juga, hilangkan semua tunas samping dan biarkan tunas bagian atas tetap utuh, karena tunas ini untuk pertumbuhan tanaman tomatnya.

Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh buah tomat yang sehat dan besar. Karena tanaman tomat yang memiliki cabang tandan buah yang berlebih akan membuat tanaman tomat tersebut menghasilkan buah yang kecil dan sedikit.

Sementara untuk tanaman tomat determinate tidak perlu melakukan teknik pemangkasan ini.

Bahkan utuk tomat varietas determinate akan berakibat fatal apabila dilakukan pemangkasan pada cabang yang berada di atas tandan bunga.

Tanaman tomat tersebut malah tidak bisa memproduksi buah lagi nantinya.

Oleh sebab itu sebelum melakukan pemangkasan, mengetahui varietas tanaman tomat yang ditanam menjadi hal yang paling penting.

PANGKAS DAUN YANG MENGUNING

Pangkas semua daun yang menguning

Pangkaslah setiap kali ada daun yang menguning pada tanaman tomat. Karena daun yang menguning tersebut apabila dibiarkan begitu saja maka akan menghisap lebih banyak gula daripada yang dihasilkan oleh daun tersebut.

Ketika sudah mulai dewasa, secara alami maka daun yang berada paling bawah akan mulai layu dan menguning.

Hal seperti ini sangat normal, maka petiklah daun-daun tersebut agar tanaman tomatnya tetap segar dan terhindar dari penyakit.

PEMANGKASAN UJUNG TANAMAN

Pemangkasan ujung tanaman ini dilakukan hanya ketika sudah berada di penghujung masa tanam (akhir musim).

Hal ini biasanya ditandai dengan tinggi tanaman sudah mencapai tinggi maksimal atau ketika sudah hampir mencapai atap rumah kaca.

Pemangkasan ujung tanaman ini khusus untuk tomat varietas indeterminate saja.

Tujuan adalah agar semua nutrisi yang di serap tanamam tomat bisa segera difokuskan untuk pematangan buah yang sudah ada saja.

Karena tanaman tomat tersebut tidak akan tumbuh lebih lama lagi sehingga buah yang masih tersisa tidak akan memiliki cukup waktu untuk mencapai kematangan.

Demikianlah artikel mengenai Cara Melakukan Pemangkasan (Perwiwilan) Tanaman Tomat Yang Benar. Semoga bisa bermanfaat.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Budidaya Tanaman Tomat silahkan baca juga artikel sebelumnya mengenai Panduan Lengkap Budidaya Tomat Menggunakan Polybag.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan