Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengetahui Letak Tutup Tangki Minyak Mobil

RudiEtnovian.Com - Letak tutup tangki minyak pada setiap mobil akan berbeda-beda tergantung model dan jenis mobilnya, ada yang berada di sisi kanan mobil dan ada pula yang berada di sisi kiri mobil.

Letak tangki bahan bakar mobil sendiri pada awal pembuatannya, terletak pada bagian belakang mobil dekat dengan plat nomor polisi kendaraan.

Hal ini diharapkan agar mempermudah pengisian bahan bakar, karena tutup tangkinya juga berada dibagian belakang mobil.

Akan tetapi peletakan tangki bahan bakar pada bagian belakang tersebut ternyata tidak aman.

Tips Mengetahui Letak Tutup Tangki Minyak Mobil

Pada saat bagian belakang mobil tersebut terjadi benturan baik karena tabrakan ataupun insiden lainnya, tangki bahan bakar tersebut menjadi sangat rentan bocor bahkan bisa pecah yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Oleh karena itu tangki bahan bakar pada mobil digeser lebih masuk ke dalam agak ke tengah mobil seperti sekarang ini, biasanya tepat di bawah bangku penumpang belakang.

Sementara untuk tutup tangkinya sendiri juga ikut berpindah, ada yang terletak di sisi kiri mobil dan ada pula yang berada di sisi kanan mobil tergantung desain dari produsen mobil masing-masing.

Dengan adanya perbedaan letak tutup tangki tersebut permasalahan yang sering ditimbulkan yaitu mencari dimana letak tutup tangki tersebut dan hal ini masih saja sering terjadi sampai saat sekarang ini

Oleh karena itu memperhatikan letak tutup tangki bahan bakar sebelum mengendarai mobil tidak bisa dianggap sepele. Apalagi kalau mobil yang akan dibawa bukan mobil yang sering anda bawa.

Tips Mengetahui Letak Tutup Tangki Minyak Mobil

Karena hal yang dianggap sepele seperti itu bisa menimbulkan masalah saat berada di SPBU nantinya apalagi jika pada saat antrian SPBU sedang padat.

Jangan sampai sudah capek-capek antri ternyata salah posisi. Kalau antrian sedang sepi mungkin hal ini tidak akan begitu berarti meskipun efisiensi waktu saat pengisian bahan bakar sudah pasti terganggu.

Tapi coba dibayangkan, saat antrian sedang padat ternyata anda salah posisi dan selang minyak tidak bisa menjangkau sisi tempat dimana letak tutup bahan bakar yang semestinya.

Apalagi ditambah anda juga tidak tahu cara membuka tutup tangki bahan bakarnya karena bingung mencari letak tuas pembukanya, sudah pasti antrian yang ada dibelakang anda akan komplain.

Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin share Beberapa Tips Untuk Mengetahui Letak Tutup Tangki Minyak Mobil, agar hal seperti itu tidak terjadi kembali.

1. PELAJARI FITUR KENDARAAN SEBELUM JALAN

Melakukan pengecekan sekaligus mempelajari beberapa fitur mobil sebelum berangkat menjadi langkah paling aman untuk dilakukan.

Hal ini bisa dilakukan dengan melihat buku manual kendaraan atau bertanya langsung kepada pemilik mobil jika itu mobil orang lain.

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi kendaraan apakah dalam kondisi yang layak jalan.

Jangan sampai anda mengalami kesulitan di tengah perjalanan karena tidak paham dengan hal yang dianggap sepele seperti ini.

2. PERHATIKAN PANEL INDIKATOR

Jika anda sudah terlanjur berada di dalam mobil baru tersadar bahwa anda belum mengetahui letak tutup tangki mobil yangbanda kendarai berada di sebalah mana, maka anda bisa mengetahuinya dengan melihat pada panel indikator yang ada pada mobil tersebut.

Tips Mengetahui Letak Tutup Tangki Minyak Mobil

Pada panel indikator tersebut pasti ada indikator untuk menunjukan kondisi persediaan bahan bakar dengan gambar berbentuk seperti dispenser.

Nah, perhatikan gambar segitiga yang ada di gambar indikator tersebut, karena biasa akan ada gambar segitiga yang mengarah ke sisi kiri atau ke sisi kanan.

Lambang segitiga itu menunjukan posisi dimana letak tutup tangki bahan bakar mobil tersebut.

Jika lambang segitiganya mengarah ke sisi kanan, maka letak tutup tangki bahan bakar ada di sebelah kanan, begitu juga sebaliknya.

Dengan demikian anda tidak perlu turun untuk memastikan posisi tutup tangki bahan bakar berada dimana. Karena terkadang ada kalanya hal tersebut tidak bisa dilakukan, bisa karena sedang hujan atau sebagainya.

3. KEBALIKAN DARI POSISI UJUNG KNALPOT

Setiap produsen mobil pasti akan meletakan antara posisi ujung knalpot dan posisi letak tutup tangki akan saling berlawanan.

Tips Mengetahui Letak Tutup Tangki Minyak Mobil

Hal ini mereka lakukan untuk tujuan keamanan. Jadi mereka akan selalu memisahkan letak saluran bahan bakar dengan letak saluran gas buang yang panas.

Tapi anda tidak akan mengetahui letak saluran knalpot berada dimana kalau anda tidak melakukan pengecekan diawal.

Nah, itulah beberapa Tips Berkendara terkait Bagaimana Cara Mengetahui Posisi Tutup Tangki Minyak Mobil tersebut. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Mungkin akan terlihat sepele tapi semua itu tidak dibuat begitu saja tanpa ada alasannya, semua sudah dipersiapkan oleh produsen mobil untuk panduan, kenyamanan dan keselamatan pengendaranya.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan