Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

RudiEtnovian.Com - Dalam berbagai hal setiap orang pasti mempunyai warna kesukaannya masing-masing, termasuk lah dalam hal memilih warna kendaraan.

Salah satu contohnya saja warna mobil, ada yang suka warna terang, ada juga yang suka dengan warna gelap.

Apapun warna pilihan teman-teman untuk mobil kesayangan teman-teman yang jelas akan ada konsekuensi atas pilihan yang telah teman-teman ambil.

Contohnya saja dalam hal perawatannya, mobil dengan warna terang seperti warna putih akan berbeda teknik perawatannya dibandingkan mobil dengan warna gelap seperti warna hitam.

Mobil dengan warna putih jika tidak dirawat dengan cara yang tepat maka warnanya yang tadinya nampak bersih dan mengkilap lama-lama akan berubah menjadi kusam dan menguning.

Mengingat pada saat sekarang ini mobil dengan warna terang seperti warna putih ini menjadi primadona, karena mobil dengan warna putih akan memunculkan kesan elegan dan cemerlang setiap kali dipandang.

Kira-kira bagaimana ya cara merawat mobil warna putih agar tetap kinclong? Silahkan simak beberapa Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap berikut ini.

1. Usahakan mobil jangan sampai terjemur dibawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Jangan biarkan mobil putih teman-teman terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu lama baik ketika sedang di parkiran kantor, mall atau saat sedang di rumah.

Meskipun untuk mencari tempat parkir yang nyaman dan tidak terkena sinar matahari secara langsung memang sedikit susah, apalagi jika parkiran umum.

Boleh parkir di tempat terbuka asalkan mobil tidak terkena sinar matahari secara langsung, bisa di bawah pohon besar yang rindang dan sebagainya.

Jika teman-teman memilih parkir di bawah pohon boleh-boleh saja asalkan bisa dipastikan pohon tersebut aman, bukan pohon yang sudah tua karena dikhawatirkan ada bagian pohon tersebut yang tiba-tiba patah dan bisa menimpa mobil teman-teman semua.

Saat parkir di rumah, jika lokasi parkirannya di luar dan harus berada di bawah sinar matahari secara langsung, usahakan tutupi bagian mobil menggunakan penutup mobil yang sudah dilengkapi dengan penangkal atau dapat memantulkan sinar UV

Untuk melakukan hal ini diharapkan teman-teman harus telaten dan jangan bosan untuk menutup mobil setiap kali diparkirkan dan membuka penutup saat akan menggunakan mobil.

2. Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung.

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Saat akan mencuci mobil, usahakan teman-teman melakukannya jangan saat mobil terkena sinar matahari secara langsung. 

Lakukanlah di tempat yang teduh, tidak harus di tempat tertutup asalkan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Untuk poin ini berlaku untuk semua warna mobil, baik mobil warna gelap maupun mobil warna terang.

Saya yakin masih banyak teman-teman semua yang lebih memilih mencuci mobil atau kendaraan lainnya di bawah sinar matahari secara langsung.

Alasannya simpel, agar mobil lebih cepat kering. Padahal hal tersebut sangat salah dan harus dihindari. Karena hal tersebut malah mempercepat terjadinya perubahan warna pada cat mobil teman-teman semua, cat mobil akan cepat memudar.

Kecuali teman-teman mencuci mobilnya tidak menggunakan sabun atau shampoo mobil dan sebagainya alias hanya menyiram dengan air saja. Hal seperti ini tidak apa-apa jika teman-teman lakukan.

Tapi saat teman-teman mencuci menggunakan sabun atau shampoo, jangan sekali-sekali teman-teman lakukan. Hal ini dikarenakan saat teman-teman sedang mencuci mobil dengan sabun atau shampoo pasti tidak akan langsung disiram atau dibilas.

Teman-teman pasti akan mencuci semua bagian secara merata dan setelah selesai baru teman-teman lakukan penyiraman atau pembilasan.

Nah, dari teman-teman mencuci dengan membilas tentu akan memberikan jarak dan saat itulah sabun atau shampoo yang teman-teman pakai akan mengering di bodi mobil. Hal ini bisa menyebabkan jamur pada bodi mobil yang lama kelamaan akan menyebabkan warna mobil akan berubah.

3. Gunakan teknik mencuci mobil yang benar.

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Mengingat permukaan bodi mobil yang lebar, maka sudah pasti saat pengaplikasian sabun pada sisi satu dengan sisi yang lainnya akan memakan waktu beberapa menit.

Belum lagi jarak antara pengaplikasian sabun dengan pembilasan juga memakan waktu. Maka sangat disarankan untuk melakukan pengaplikasian sabun dan pembilasan tiap sisinya secara baik.

Lakukan proses pembilasan pada sisi yang sudah terkena sabun terlebih dahulu, sebelum teman-teman melakukan proses penyabunan di sisi lainnya.

Dengan begitu maka tidak akan ada busa sabun yang akan mengering pada bodi mobil yang akan menyebabkan cat bodi mobil menjadi rusak  saat teman-teman sedang sedang melakukan proses penyabunan  pada sisi lainnya.

4. Gunakan sabun dan shampoo khusus untuk mobil.

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Saat mencuci mobil gunakanlah sabun dan shampoo yang memang diperuntukan untuk membersihkan mobil. Jangan gunakan sabun dan shampoo yang tidak diperuntukan untuk membersihkan mobil seperti penggunaan sabun colek untuk mencuci pakaian, piring dan sebagainya.

Karena penggunaan sabun dan shampoo yang tidak tepat, maka akan mempercepat proses rusaknya cat bodi mobil teman-teman semua.

5. Gunakan teknik membilas yang benar.

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Dalam perawatan mobil, cara melakukan pembilasan pada saat mencuci mobil juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Cara yang paling tepat dalam melakukan pembilasan yaitu dengan menyiram atau menyemprotkan dengan satu arah. Bilas secara berkala bekas cucian dari arah atas ke arah bawah.

Tujuannya adalah untuk menghindari agar tidak ada kotoran yang menyangkut atau tertinggal yang nantinya akan sangat mengganggu saat akan mengeringkan mobil.

Selain itu juga agar tidak menimbulkan bercak-bercak bekas busa atau sabun pada bodi mobil.

6. Gunakan kain lap dengan daya serap yang baik.

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat mencuci mobil untuk menjaga bodi mobil agara tetap kinclong yaitu penggunaan kain lap.

Jangan pernah menggunakan kain lap yang bertekstur kasar dan berdaya serap rendah saat anda sedang mencuci atau memoles bodi mobil.

Setiap kali selesai mencuci mobil, harap untuk mengeringkannya dengan cara di lap menggunakan kain yang berdaya serap yang baik agar tidak meninggalkan bercak air seperti halnya jika mengeringkan bekas siraman air dengan menggunakan cahaya matahari.

7. Lakukan pemolesan secara rutin.

Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap

Untuk menjaga bodi mobil tetap kinclong, tidak cukup hanya dengan rajin mencucinya saja. Mobil juga harus dilakukan pemolesan secara rutin.

Hal ini akan sangat membantu untuk menghilangkan jamur yang menempel pada bodi mobil sehingga mobil akan tetap bersih dan mengkilap.

Nah, itu lah beberapa Tips Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Mengkilap. Jika teman-teman ada tips lainnya silahkan berikan tambahan melalui kolom komentar di bawah agar dapat kami tambahkan ke dalam postingan ini.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan