Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Ukuran Logo Header Template Blog

RudiEtnovian.Com - Pada sebuah website header merupakan bagian teratas dari tampilan secara keseluruhan. Sama halnya dengan sebuah blog pada umumnya, header bisa berupa teks maupun berupa gambar (logo).

Sebagai admin atau pengelola, kita memiliki keleluasaan untuk mengaturnya, kita bisa menerapkannya dalam bentuk teks atau pun dalam bentuk gambar (logo).

Tapi, oleh sebagian developer pembuat templatenya ukuran gambar yang bisa dipasangkan untuk header akan dibatasi ukurannya.

Tujuan akhir dari pembatasan tersebut biasanya sih supaya loading blognya jadi lebih cepat.

Jadi, jangan heran ya kalau suatu saat akan menemukan dimana header blognya saat disetting dalam bentuk gambar, headernya menjadi berukuran sangat kecil, tapi saat disetting dalam bentuk teks (default) ukuran bisa besar.

Saya sendiri juga pernah mengalami hal serupa. Sudah dicari-cari pada kode penyusun headernya untuk mengatur ukuran gambar headernya tapi tetap gak berhasil juga. Setelah saya cermati lebih teliti, ternyata kode penyusunnya yang berbeda dari biasanya.

Nah, pada kesempatan ini saya akan share Bagaimana Cara Mengatasi Ukuran Logo Header Yang Kecil tersebut.

Sebenarnya caranya cukup simpel, itu pun kalau kita sudah menemukan sumber masalahnya sih.

Silahkan sobat cari kode penyusun header seperti oode di bawah ini ya, karena biasanya header blog yang jika disetting dengan logo, tapi ukurannya tetap kecil, biasanya kode penyusun headernya seperti ini.

#header .widget img { . . .}

Kalau sudah ketemu, silahkan ganti kode css tersebut dengan kode css yang baru di bawah ini.

#header .widget img { height : auto }

Setelah itu, silahkan simpan hasil modifikasi kode css tersebut dan lihat hasilnya. Jika dilakukan dengan benar, saya jamin logo headernya sudah bisa mengikuti sesuai ukuran gambar logonya.

Demikianlah Tutorial Blogger kali ini. Semoga tutorial yang sederhana ini bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang sesang mengalami kesulitan dalam men-setting header blognya dengan gambar (logo). 

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan