Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mudah Membuat Halaman Disclaimer Untuk Blog

RudiEtnovian.Com - Saya yakin, teman-teman blogger sudah tidak asing lagi dengan halaman Disclaimer ini. Apalagi jika blognya sudah dimonetisasi, karena halaman disclaimer ini menjadi salah satu persyaratan mutlak yang harus ada pada setiap blog yang ingin dimonetisasi.

Solusi Mudah Membuat Halaman Disclaimer Untuk Blog

APA SIH ISI DARI HALAMAN DISCLAIMER TERSEBUT?

Halaman disclaimer merupakan halaman khusus yang berisikan penjelasan mengenai berbagai ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung dan pengguna informasi yang disajikan pada sebuah blog.

Meskipun terlihat sepele, tapi halaman disclaimer ini sangat tidak bisa diabaikan. Karena pembuatan halaman disclaimer ini bukan hanya untuk formalitas saat pengajuan kerja sama kepada pihak pengiklan, affliate atau untuk gaya-gayaan agar terlihat profesional.

Dengan adanya halaman disclaimer ini, maka pemilik website akan terbebas dari segala macam tuntutan hukum loh, jika suatu saat ada beberapa hal terkait konten yang dimuat tersebut ada yang bermasalah, baik karena penyalahgunaan informasi oleh pengunjung dan sebagainya.

Biasanya tuntutan hukum yang dilakukan terkait konten yang dimuat itu sebagai berikut :

  1. Kesalahan informasi pada konten yang dibuat sehingga menyebakan kerugian pada pembacanya.
  2. Penyebaran virus maupun malware komputer.
  3. Kecelakaan yang diakibatkan oleh penggunaan produk yang dijual pada website tersebut.
  4. Terakhir, sekaligus menjadi yang paling banyak terjadi yaitu pelanggaran hak cipta.

Bisa dikatakan juga, bahwa halaman disclaimer ini menjadi pegangan kita saat terjadi beberapa hal seperti yang disebutkan di atas. Apalagi jika semua itu terjadi karena ketidaksengajaan.

Meskipun demikian, tetap saja ya kita sebagai pengelola blog tetap harus bijaksana. Ditambah lagi dengan adanya halaman disclaimer tersebut tidak lantas membuat kita kebal hukum.

Buatlah konten yang memang benar-benar bermanfaat dan bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya, jangan buat konten hoaks, memgandung unsur sara, deskriminasi, penipuan dan hal lain yang bisa melanggar hukum.

SEBERAPA PENTINGNYA SIH HALAMAN DISCLAIMER

Jika melihat dari isi atau kandungan yang ada pada halaman disclaimer tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa halaman disclaimer tersebut sangat penting untuk dibuat.

Apalagi jika informasi yang dimuat dalam sebuah blog tersebut merupakan informasi yang cepat kadaluarsa seperti informasi terkait SEO (Search Engine Optimation) dan informasi-informasi lainnya yang sifatnya cepat berubah mengikuti perkembangan zaman, sehingga mengharuskan untuk selalu diupdate.

Nah, dengan adanya halaman disclaimer ini maka kita bisa memberikan informasi kepada para pengunjung agar mereka tidak salah paham terkait beberapa informasi yang ada di blog tersebut.

Selain itu, dengan adanya halaman disclaimer ini kita bisa menyatakan keaslian konten-konten yang dimuat sekaligus sebagai dasar hukum kita saat ada blog lain yang memplagiat konten yang telah dibuat.

CARA MEMBUAT HALAMAN DISCLAIMER

Sampai saat ini, setidaknya ada dua cara untuk membuat halaman disclaimer yaitu menggunakan Disclaimer Generator dan dengan cara manual alias menulis sendiri.

Untuk kalian yang tidak mau repot-repot mengetik panjang lebar dalam menyusun isi halaman disclaimer saya sarankan untuk menggunakan Disclaimer Generator ini.

Dengan menggunakan Disclaimer Generator ini kalian dapat membuat halaman disclaimer dengan sangat cepat, tinggal masukan nama dan  link website lalu klik, maka secara otomatis disclaimer kalian siap untuk di tampilkan.

Tapi, sangat disayangkan sekali jika target pengunjung kalian itu adalah mereka yang tidak bisa berbahasa Inggris alias khusus untuk pengunjung lokal (Indonesia) saja, karena sampai saat ini belum ada Disclaimer Generator yang support untuk bahasa Indonesia.

Jadi, semuanya akan kembali lagi ke target blog kalian tersebut untuk lokal saja atau untuk seluruh dunia. Jika target kalian hanya untuk pengunjung lokal, cara yang paling tepat yaitu menulisnya dengan cara manual dengan kalimat sendiri.

Membuat Disclaimer Menggunakan Disclaimer Generator

Salah satu generator disclaimer yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat disclaimer secara otomatis yaitu dengan menggunakan tools Privacy Policy Online.

Cara membuatnya sangat mudah sekali, setelah masuk ke halaman utama situs resminya, silahkan klik menu Free Generator lalu pilih Disclaimer Generator.

Selanjutnya, masukan nama blog dan alamat (domain) blog. Lalu klik Next untuk masuk ke tahap berikutnya.

Solusi Mudah Membuat Halaman Disclaimer Untuk Blog

Pada tahapan ini, klik kolom Country untuk memilih negara dan klik kolom State untuk memilih provinsi. Setelah itu, masukan alamat email yang akan digunakan untuk menerima email nantinya. Jika semua sudah terisi dengan benar, klik Create Disclaimer.

Solusi Mudah Membuat Halaman Disclaimer Untuk Blog

Selesai. Teks disclaimer yang teman-teman butuhkan akan muncul pada halaman berikutnya.

Silahkan salin teks disclaimer tersebut dengan cara klik Copy to clipboard. Salin tanpa ada yang ubah lagi ya, karena pada teks disclaimer tersebut terdapat tag HTML seperti <h1>, <h2> dan sebagainya.

Setelah teks disclaimernya disalin dengan sempurna, silahkan paste kan di halaman blog teman-teman semua. Tapi, saat memasukan ke halaman blognya harus dalam mode editor ya, mengingat teks disclaimer tersebut memuat tag HTML.

Untuk memasang Disclaimer pada blog, lakukanlah pada halaman statis ya, jangan di halaman postingan yang biasa teman-teman gunakan untuk membuat artikel ya.

Silahkan baca panduan Cara Membuat Halaman Statis Pada Blogger yang ada pada blog ini jika teman-teman masih belum tahu apa itu halaman statis.

KESIMPULAN

Bagi teman-teman yang membuat dan mengelola website, apa pun itu jenisnya baik Blog, Toko Online dan sebagainya jangan lupa untuk membuat halaman Disclaimer.

Agar para pengunjung tidak ada yang salah paham dengan konten-konten yang ada di dalam sebuah website.

Meskipun halaman disclaimer bisa melindungi pemilik website dari tuntutan hukum, bukan berarti mereka menjadi kebal hukum.

Jadi, sebagai pemilik website harus tetap bijaksana dalam membuat konten, buatlah konten yang benar-benar bermanfaat, jangan hanya untuk mencari sensasi saja.

Sebagai pengunjung sebuah website, diharapkan untuk selalu membaca halaman disclaimer terlebih dahulu, agar bisa mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada pada sebuah website.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Jika ada kritik dan saran mengenai artikel ini, jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui kolom yang tersedia di bawah artikel ini.


Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Agen HNI HPAI Sekaligus Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan