Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk Komputer Dan Laptop GPT atau MBR

RudiEtnovian.Com - Mengetahui jenis partisi hard disk yang ada pada sebuah komputer sangatlah penting, karena hal ini akan sangat berguna ketika suatu saat nanti komputer tersebut mengalami trouble.

Salah satu contohnya saja, ketika akan menginstal ulang operating system komputer tersebut. Jangan sampai kalian salah memilih formatnya, karena kalau sampai salah pilih, bisa dipastikan proses instal ulangnya pasti akan gagal total.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk Pada Sebuah Komputer.

JENIS PARTISI HARD DISK KOMPUTER

Dari pengalaman saya 15 tahun "ngoprek" komputer mulai dari PC, Laptop sampai Notebook, ada dua jenis partisi hard disk yang saya temui, yaitu MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partition Table).

MBR

Partisi MBR ini merupakan jenis partisi hard disk yang pertama kali digunakan. Partisi MBR ini sudah ada sejak tahun 1983.

Hard disk yang menggunakan format MBR ini hanya bisa dibagi menjadi 4 partisi saja dan kapasitas maksimal penyimpanannya hanya sampai 2 TB saja.

GPT

Sementara partisi GPT merupakan jenis partisi terbaru yang sudah ada sejak tahun 1990an. Hard disk dengan format partisi GPT ini bisa dibagi menjadi maksimalnya 128 partisi dan mendukung kapasitas penyimpanan lebih dari 2 TB tanpa batasan alias sampai tak terhingga.

CARA MENGETAHUI JENIS PARTISI HARDDISK

Untuk mengetahui jenis partisi pada sebuah hard disk ada cara yang bisa kita gunakan, yaitu menggunakan fitur Command Prompt dan menggunakan Disk Management.

Menggunakan Command Prompt (CMD)

  1. Buka CMD sebagai Administrator. Caranya, ketik CMD pada Pencarian Windows.  Lalu klik kanan pada Command Prompt, kemudian pilih Run as administrator.
  2. Lalu ketikan diskpart, lalu tekan Enter.
  3. Lalu ketikan list disk, lalu tekan Enter.
  4. Lalu lihatlah pada kolom GPT, jika ada tanda bintang (*), berarti partisi hard disk tersebut adalah GPT. Jika tidak ada tanda bintangnya, berarti partisi hard disk tersebut dalam format MBR.

Menggunakan Disk Management

  1. Klik tombol Start menu Windows lalu pilih Disk Management.
  2. Lalu klik kanan pada disk yang ingin dicek. Lalu pilih Properties. Disk 0 untuk partisi C, Disk 1 untuk partisi D, dan seterusnya.
  3. Lalu klik menu Volumes.
  4. Lalu lihat pada Partition Style. Disana akan disebutkan jenis partisinya GPT atau MBR.
Khusus pengguna Windows 7 bisa ikuti langkah berikut ini untuk membuka Disk Management tersebut.
  1. Klik Start Menu Windows, lalu klik kanan pada Computer, lalu pilih Manage.
  2. Lalu klik Disk Management.
  3. Lalu klik kanan pada disk yang ingin dicek jenis partisinya. Lalu klik Properties.
  4. Klik menu Volumes, lalu lihat pada Partition Style.

Perbedaan antara windows 7 dan windows 10 (tutorial menggunakan windows 10) hanya pada letak menunya saja.

Demikianlah Cara Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk Sebuah Komputer GPT atau MBR. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya buat teman-teman yang baru memulai "ngoprek" komputer.

Oya, cara diatas juga bisa digunakan untuk mengetahui jenis partisi pada media penyimpanan selain Hard Disk (HDD), misalnya saja Solid State Drive (SSD).

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan