Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Aplikasi Telegram Lebih Dekat

RudiEtnovian.Com - Pada saat sekarang ini ada banyak sekali aplikasi chatting yang bermunculan yang menyuguhkan berbagai macam fitur andalannya.

Mengenal Aplikasi Telegram Lebih Dekat

Salah satu aplikasi chatting yang sedang populer saat ini yaitu Telegram. Sampai saat ini, aplikasi Telegram ini telah di download sebanyak 1M+ (Playstore).

Satu hal yang membuat tertarik untuk mengulas mengenai Telegram ini, yaitu karena saya sudah beberapa kali ini mendapati beberapa teman termasuk klien saya yang sepertinya masih belum familiar dengan aplikasi Telegram ini.

Hal ini terlihat pada saat saya meminta Id Telegramnya untuk saya tambahkan ke grub maupun channel khusus untuk mereka yang telah menggunakan Jasa Pembuatan Landing Page dan Toko Online dari saya.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sedikit mengenai aplikasi Telegram ini. Mulai dari apa itu Telegram dan apa saja kelebihan serta kekurangan aplikasi Telegram ini.

APA ITU TELEGRAM?

Telegram adalah sebuah aplikasi chatting yang bisa digunakan untuk mengirim pesan instan, foto, video, audio dan dokumen yang pertama kali dirilis pada tahun 2013 lalu.

Telegram ini support untuk semua platform mulai dari Android, iOS, Windows, Linux sampai MacOS berkat adanya teknologi cloud yang diusungnya.

Meskipun secara keseluruhannya, fitur-fitur yang ada pada Telegram ini mirip dengan yang ada pada Whatsapp, tapi sebenarnya ada beberapa fitur yang ada pada Telegram ini yang tidak dimiliki oleh Whatsapp.

KEKURANGAN TELEGRAM

Selayaknya aplikasi-aplikasi lainnya, Telegram ini juga memiliki sisi kekurangannya, diantaranya :

  1. Belum adanya fitur End-to-End Encryption.

    Saat kalian menggunakan fitur chat biasa, bukan yang secret chat, maka kalian tidak akan mendapatkan end-to-end-encryption. Meskipun demikian bukan berarti data kalian akan dengan mudah terbaca oleh pihak Telegram apalagi oleh orang lain.

  2. Fitur Telegram untuk Dekstop Tidak Dikembangkan.

    Dengan tidak dikembangkannya Telegram versi dekstop, makan ada beberapa fitur Telegram yang tidak bisa kalian dapatkan di versi dekstop. Salah satunya yaitu tidak adanya fitur secret chat pada versi dekstop.

  3. Foto Profil Lama Tidak Terhapus Secara Otomatis.

    Saat kalian mengganti foto profil, maka foto yang profil yang lama tidak akan langsung terhapus secara otomatis, jadi kalian harus menghapusnya secara manual.

KELEBIHAN TELEGRAM

Setelah tadi kita bahas kekurangan dari aplikasi ini, sekarang saatnya kita bahas apa saja kelebihan yang dimilikinya.
  1. Free Selamanya.

    Aplikasi Telegram ini mengizinkan para penggunanya untuk dapat menggunakan aplikasi ini sepuas-puasnya tanpa batasan waktu tanpa harus membayar sedikitpun.

  2. Kecepatan Pengiriman Pesan Yang Lebih Unggul.

    Bicara masalah kecepatan dalam mengirim pesan, sudah jangan diragukan lagi deh. Setahu saya belum ada aplikasi chatting serupa yang menandingi kecepatan Telegram dalam mengirim pesan. Hal ini disebabkan fitur cloud yang digunakan oleh Telegram. Jadi buat kalian para pengguna Telegram tidak perlu khawatir memori kalian akan habis gara-gara menggunakan aplikasi ini ya.

  3. Lebih Ringan.

    Ukuran aplikasi Telegram ini lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi serupa. Sehingga Telegram lebih cepat dan mudah digunakan.

  4. Adanya Fitur Channel.

    Dengan adanya fitur channel ini kalian. Bisa melakukan broatcast kepada seluruh anggota channel tanpa batasan. Hal ini tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya.

  5. Adanya Fitur Bot.

    Dengan adanya fitur bot pada telegram, hal ini sangat membantu sekali bagi para penggunanya untuk melakukan broadcast dan sebagainya. Selain itu juga, mereka tidak perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu untuk menggunakannya. Bahkan tanpa nomor handphone mereka sudah bisa melakukannya.

  6. Bisa Berbagi File Dengan Ukuran Besar.

    Telegram memberikan kebebasan kepada oara penggunanya untuk dapat bebas mengirimkan berbagai jenis file kepada pengguna lainnya mulai dari file doc, mp3, mp4, pdf dan sebagainya. Untuk ukuran filenya juga mereka tidak dibatasi. Para pengguna telegram bisa mengirimkan file hingga 1.5 Gb. Berbeda halnya dengan aplikasi lainnya yang hanya mengizinkan penggunanya yang hanya bisa berbagi file maksimalnya 16 Mb saja.

  7. Mampu Menampung Anggota Grup Lebih Banyak.

    Bagi kalian yang mempunyai komunitas besar yang memiliki anggota sampai 5.000an, sangat disarankan untuk menggunakan telegram ini. Karena telegram sangat memungkinkan para penggunanya untuk membuat grup yang anggotanya bisa mencapai 5.000 orang loh. Hal ini tentu saja sangat jauh berbeda dengan aplikasi sebelah yang hanya memungkinkan penggunanya hanya bisa membuat grub dengan anggotanya tidak lebih dari 200 orang.

Nah, itulah sedikit ulasan dari saya mengenai aplikasi Telegram tersebut. Lain kesempatan akan kita bahas lagi hal menarik tentang telegram ini. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap gunakan sosial media dengan bijaksana.


Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan