Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Sekolah Kedinasan, Jenis Sekolah Kedinasan dan Contoh Kampus Sekolah Kedinasan

RudiEtnovian.Com - Halo semuanya. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan Allah lancarkan segala urusan kita, terutama untuk urusan "kantong".

Semoga yang saat ini sedang seret, senantiasa Allah lancarkan rejekinya dan yang sudah lancar bisa semakin lancar lagi.

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk membahas kembali mengenai Sekolah Kedinasan dimana saat sekarang ini kebetulan memang lagi ada penerimaan di beberapa Sekolah Kedinasan.

Silahkan teman-teman buka postingan saya mengenai Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 yang sudah saya posting beberapa hari yang lalu untuk info lebih lengkap mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Kedinasan Tahun 2022.

Pembahasan kita kali ini yaitu mengenai Apa Itu Sekolah Kedinasan, Jenis Sekolah Kedinasan dan Contoh Kampus Sekolah Kedinasan.

Mengenal Apa Itu Sekolah Kedinasan, Jenis Sekolah Kedinasan dan Contoh Kampus Sekolah Kedinasan

Apa Itu Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan merupakan sekolah tingkat perguruan yang berada di bawah naungan dan langsung dikelola oleh Institusi Pemerintahan baik badan, lembaga maupun kementerian yang berperan sebagai penyelenggara pendidikan.

Program pendidikan yang ada di sekolah tersebut berdasarkan instansi yang menaunginya.

Jadi mereka yang belajar di sekolah tersebut akan mendapatkan pendidikan yang lebih terarah (fokus).

Apalagi memang tujuan utama dari didirikannya sekolah kedinasan tersebut yaitu agar lulusan dari sekolah kedinasan tersebut bisa menjadi sumber daya manusia yang mumpuni di bidangnya sesuai dengan instansi yang menaunginya.

Sampai saat ini, Kampus Sekolah Kedinasan ini masih menjadi primadona yang dibuktikan dengan sangat tingginya animo masyarakat untuk masuk kesana.

Jadi, buat teman-teman yang memang memiliki cita-cita untuk bisa berkerja di lembaga pemerintahan sangat disarankan untuk masuk menjadi Taruna di Sekolah Kedinasan ini.

Mereka para Taruna lulusan Sekolah Kedinasan ini pun memiliki kesempatan yang besar untuk dapat bekerja setelah selesai masa pendidikannya.

Jenis-jenis Sekolah Kedinasan di Indonesia

Sekolah kedinasan yang ada di Indonesia ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Sekolah Kedinasan Berdasarkan Program dan Berdasarkan Pendidikannya.

Jenis Sekolah Kedinasan Berdasarkan Program dan Contoh Kampusnya

Berdasarkan program yang diadakan, sekolah kedinasan ini terbagi menjadi dua jenis. Sekolah Kedinasan Dengan Ikatan Dinas dan Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas.

Sekolah Dinas Dengan Ikatan Dinas

Sekolah kedinasan dengan ikatan dinas merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dengan ikatan dinas dengan peserta didiknya.

Selama masa pendidikan sampai dengan selesai, peserta didiknya tidak dipungut biaya sedikit pun. Setelah lulus pun para alumninya akan langsung ditempatkan di berbagai lembaga pemerintahan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Contoh kampus sekolah kedinasan dengan ikatan dinas, yaitu :

  1. PKN STAN
  2. STMKG
  3. Polstat STIS
  4. AKPOL
  5. AKMIL
  6. STIN

Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

Sekolah kedinasan non ikatan dinas ini adalah perguruan tinggi yang tidak menyelenggarakan program ikatan dinas dengan peserta didiknya, sehingga mahasiswanya tidak terikat dengan perguruan tinggi.

Mereka yang mengeyam pendidikan disini akan dikenakan biaya seperti biasa dan saat selesai pun tidak langsung diangkat menjadi pegawai pemerintah.

Contoh sekolah kedinasan non ikatan dinas, yaitu :

  1. PEM Akamigas
  2. STPN
  3. Poltekkes Kemenkes
  4. Politeknik Pariwisata
  5. STMM MMTC
  6. STTN

Sekolah Kedinasan Berdasarkan Pendidikan dan Contoh Kampusnya

Jika dilihat berdasarkan jenis pendidikannya, sekolah kedinasan juga terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Sekolah Kedinasan Militer, Sekolah Kedinasan Semi Militer dan Sekolah Kedinasan Non Militer.

Sekolah Kedinasan Militer

Dari namanya saja saya yakin teman-teman bisa langsung mengetahui seperti apa Sekolah Kedinasan Militer ini.

Sekolah kedinasan militer merupakan perguruan tinggi yang dibuka khusus untuk pendidikan para calon anggota militer Indonesia, baik itu Polri maupun TNI.

Para Taruna yang mengeyam pendidikan disini akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan untuk bisa menjadi anggota Polri atau prajurit TNI.

Di Indonesia ada empat sekolah kedinasan militer, yaitu :

  1. AKPOL
  2. AKMIL
  3. AAL
  4. AAU

Sekolah Kedinasan Semi Militer

Sekolah kedinasan semi militer ini merupakan perguruan tinggi yang menggabung pelatihan militer ke dalam pendidikannya.

Para Taruna akan mendapatkan pendidikan sesuai dengan program yang dipilih serta mendapatkan pelatihan militer juga guna menunjang pendidikannya.

Contoh sekolah kedinasan semi militer, yaitu :

  1. STIN
  2. STMKG
  3. POLTEKIP
  4. POLTEKIM
  5. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Sekolah Kedinasan Non Militer

Sekolah kedinasan non militer ini merupakan perguruan tinggi yang tidak menambahkan pendidikan militer untuk peserta didiknya.

Pendidikan di sekolah kedinasan non militer ini lebih fokus kepada pengasahan bidang akademik mahasiswanya.

Contoh sekolah kedinasan non militer yang ada di Indonesia, yaitu :

  1. PKN STAN
  2. Polstat STIS
  3. Poltek SSN
  4. Sekolah Pariwisata

Nah, itulah beberapa informasi singkat mengenai Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia ini yang bisa saya bagikan.

Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi teman-teman yang masih dalam tahap pendidikan.

semoga dengan adanya informasi mengenai Sekolah Kedinasan ini bisa menjadi salah satu acuan untuk kalian dalam menentukan dan mengarahkan kemana arah dan tujuan dari pendidikan kalian.

Tetap semangat dalam menimba ilmu dan semoga bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berkah dunia akhiratnya. Serta dapat menggapai cita-cita dan impian yang kalian impikan selama ini.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan