Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Website ?

RudiEtnovian.Com - Di era digital seperti sekarang ini hampir semua aspek kehidupan manusia yang tadinya dilakukan secara analog berubah menjadi serba digital.

Mengenal Apa Itu Website ?

Hal ini tidak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga semua pekerjaan manusia bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.

Salah satu contoh kecil dampak dari perkembangan teknologi tersebut bisa kita lihat dari perkembangan dunia internet yang semakin meningkat.

Website ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan internet. Semakin hari semakin banyak website baru yang bermunculan. Sampai saat sekarang ini sudah lebih dari 2 Milyar website dari seluruh dunia yang online di dunia maya.

Mulai dari website pribadi sampai website bisnis, semuanya ada dan terus bermunculan. Padahal awalnya website itu digunakan untuk tujuan penggunaan pribadi saja.

APA ITU WEBSITE?

Website merupakan kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun dan di manapun melalui internet.

Siapapun bisa mengakses sebuah website jika mengetahui alamat URL website tersebut. Teman-teman cukup masukkan alamat URL pada browser yang  digunakan.

Sebagai contohnya, tuliskan alamat URL https://www.msglowformen.id/ pada browser yang teman-teman gunakan, maka teman-teman akan masuk ke salah satu Website Resmi Seller Ms Glow For Men. 

Pada website Ms Glow For Men tersebut teman-teman akan melihat berbagai macam informasi mengenai Skincare Ms Glow For Men. Mulai dari informasi produk, harga sampai ke pendaftaran menjadi Reseller Ms Glow For Men.

SEJARAH WEBSITE

Website pertama kali di buat pada tahun 1980-an oleh Tim Berners-Lee dalam project World Wide Web (W3).

Pada 6 Agustus 1991 baru website resmi diluncurkan dengan URL http://info.cern.ch dengan tampilan yang masih sangat sederhana, jauh berbeda dengan website-website jaman sekarang.

Pembuatan website tersebut dilakukan oleh Tim dengan tujuan untuk memudahkan para peneliti yang bekerja disana untuk saling bertukar informasi. Jadi penggunaan website tersebut terbatas dilingkungan kerjanya saja di CERN.

Pada 30 April 1993 barulah website diperkenalkan kepada masyarakat dan dapat digunakan secara gratis oleh siapapun, baik individu, organisasi maupun perusahaan.

Sejak saat itulah website mulai berkembang dengan sangat pesat. Penggunaannya website itu sendiri mulai beragam.

KOMPONEN PENYUSUN WEBSITE

Pada sebuah website terdapat beberapa komponen penyusun yang semuanya itu harus ada agar website tersebut bisa diakses oleh pengguna internet.

Berikut ini adalah komponen yang harus ada pada setiap website.

1. Domain

Domain merupakan alamat bagi sebuah website. Pada awalnya saat akan mengunjungi sebuah website, pengunjung harus memasukkan sederetan angka yang menjadi alamat website tersebut. Sederetan angka tersebut dikenal sebagai alamat IP.

Berhubung alamat IP tersebut sangat sulit untuk diingat, maka terciptalah sistem "penamaan" untuk alamat website yang berupa rangkaian kata seperti sekarang ini.

Contohnya saja landingspot.my.id yang menjadi alamat sebuah website yang menyediakan Jasa Pembuatan Landing Page Profesional dan Toko Online.

Dengan adanya domain ini maka setiap pengelola website bisa memberikan nama domain yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan, maksud dan tema website tersebut.

Nama domain bisa berupa brand bisnis, nama pribadi atau nama topik dari website tersebut. Penamaan apa pun bisa digunakan untuk domain sebuah website asalkan singkat, mudah diingat, dieja, dan ditulis.

Semua itu dilakukan agar lebih mempermudah para pengunjung (visitor) ketika akan mengunjungi sebuah website.

2. Hosting

Hosting atau web hosting merupakan sebuah server yang digunakan untuk menyimpan semua file sebuah website yang dapat diakses dan dikelola melalui internet.

Hosting ini ibaratkan sebuah rumah tempat menyimpan semua barang dan perabotan. Seluruh isi dari rumah tersebutlah yang dinamakan website yang berisi video, teks, gambar dan lain sebagainya.

Untuk itu sebelum membangun sebuah website, pilihlah hosting yang benar-benar bagus agar nantinya website tersebut bisa diakses dengan baik, agar akses loadingnya cepat dan tidak mudah "down".

3. Konten

Setiap kali kita mengunjungi sebuah website, pasti mempunyai tujuan tertentu. Baik itu untuk mencari informasi, berbelanja dan sebagainya.

Nah, semua informasi yang disajikan dalam sebuah website tersebut yang disebut konten. Dengan adanya konten tersebut, para pengunjung bisa mengetahui apa saja informasi yang ada pada sebuah website.

4. Bahasa Pemprograman

Semua website yang seringkali kita akses selama ini bisa terbentuk sedemikian bagusnya semua itu terdiri dari berbagai macam kode penyusun yang jumlahnya ribuan.

Kode penyusun website tersebut ada yang berupa kode HTML, CSS dan JAVASCRIPT. Ketiga kode penyusun inilah yang membuat tampilan website menjadi menarik

Pada awal pengembangannya dulu, website dibentuk hanya dengan kode HTML saja. Jadi tidak heran jika tampilan website pada jaman dulu masih sangat sederhana.

Kemudian seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya dunia coding terciptalah bahasa pemprograman CSS yang digunakan untuk mengatur tampilan elemen sebuah website.

Setelah itu muncul lagi yang namanya Javascript yang digunakan untuk membuat tampilan sebuah website menjadi lebih dinamis, interaktif dan sebagainya.

Pada saat sekarang ini sudah banyak sekali website-website dengan tampilan menarik bermunculan berkat adanya programer-programer hebat yang terus lahir setiap tahunnya.

Bahkan untuk sekarang ini untuk membuat website saja sudah tidak sulit seperti dulu lagi. Orang yang tidak mengerti bahasa pemprograman pun sudah bisa membuat website dengan bantuan CMS.

CMS (Content Management System) adalah sebuah softare yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan website.

Dari sekian banyak CMS yang ada, Wordpress masih menjadi primadona pengguna CMS dalam membangun website.

5. Tampilan

Konten atau informasi yang menarik saja tidak cukup untuk membangun sebuah website. Karena sebagai pengunjung, hal pertama yang dilihat adalah tampilan dari sebuah website tersebut.

Sudah fitrahnya seperti itu, tampilan visual menjadi tolak ukur apakah kita akan memutuskan untuk melihat sesuatu lebih lama atau hanya sekilas saja.

Konten menarik tapi jika tampilannya tidak menarik apalagi berantakan, bagaimana mungkin pengunjung akan betah berlama-lama mantengin website kita.

Jadi, buatlah tampilan website kalian sebagus dan semenarik mungkin dengan mengolah kode penyusun website yang ada.

JENIS-JENIS WEBSITE

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan semakin banyaknya lahirnya programer-programer hebat maka banyak sekali bermunculan website-website baru dengan berbagai jenis dan tujuan.

Website Berdasarkan Sifatnya

Secara umum jika dilihat berdasarkan sifatnya, website itu hanya ada dua jenis, yaitu Website Statis dan Website Dinamis.

1. Website Statis

Website statis adalah sebuah website yang memuat sebuah informasi yang tidak berubah-ubah atau tetap.

Contoh website statis yaitu Web Company Profile yang sangat jarang sekali mengalami perubahan pada informasi (konten) yang ada di dalamnya, bahkan bisa dikatakan tidak pernah mengalami perubahan.

2. Website Dinamis

Website yang memuat informasi yang selalu berubah-ubah disebut sebagai website dinamis.

Contoh website dinamis yaitu Website Sosial Media, Website Toko Online, Website Berita, Website Forum dan sebagainya.

Pada intinya website dinamis itu memiliki informasi yang berubah-ubah dan memiliki fitur interaksi antara admin website dan pengunjung seperti adanya tanya jawab di kolom komentar dan sebagainya.

Website Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Jika dilihat berdasarkan penggunaannya, website terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Website Pribadi

Website jenis ini merupakan website yang dibangun untuk tujuan profesionalitas atau untuk menyampaikan opini pribadi dan biasanya dikelola secara individu.

2. Website Toko Online / E-commerce

Dari namanya saja saya yakin kalian sudah pasti tahu kan. Yup, benar sekali, website toko online ini merupakan sebuah website yang digunakan sebagai toko di dunia online yang penggunaanya yaitu untuk memaksimalkan penjualan dengan memperluas wilayah pemasaran dan penjualan sebuah produk atau toko.

Buat teman-teman yang ingin memiliki website toko online dengan budget yang sangat ramah di kantong tapi dengan tampilan dan fitur yang profesional, bisa mendapatkannya dengan menggunakan Jasa Pembuatan Website Toko Online dari Landingspot.Id

3. Website Company Profil

Website yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi dari sebuah perusahaan ini berisi berbagai macam informasi terkait perusahaan seperti, profil perusahaan, jajaran pimpinan perusahaan dan informasi tentang perusahaan lainnya.

4. Website Komunitas

Website komunitas ini lebih dikenal sebagai website forum, karena pada website ini para penggunanya bisa saling berinteraksi (berkomunikasi) satu sama lainnya.

Website seperti ini memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk dapat membuat threat (konten) dalam berbagai topik, lalu pengguna lainnya akan menanggapinya dengan memberikan komentar, pertanyaan dan sebagainya.

5. Website Gallery

Website yang satu ini dibangun dengan tujuan untuk menampilkan berbagai macam konten visual berupa foto atau pun video.

Pada umumnya website jenis ini akan menampilkan konten foto atau video dalam jumlah yang sangat banyak dan kualitas tinggi.

Para pengguna (pengunjung) website ini bisa mendownload konten yang ada baik secara gratis maupun secara berbayar sebagai member premium dengan membeli lisensinya.

6. Website Berita

Website jenis ini layaknya sebuah koran, karena memuat berbagai informasi terkini dengan berbagai topik seperti politik, kesehatan dan sebagainya.

Website berita ini semakin populer sehingga membuat ranah berita offline menjadi semakin ditinggalkan.

7. Blog

Website yang terakhir ini merupakan sebuah website yang memuat berbagai macam konten artikel dalam niche atau topik tertentu seperti keuangan, kesehatan, teknologi, kuliner dan sebagainya.

Salah satu contoh blog yaitu RudiEtnovian.Com ini yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang berbagai hal.

MANFAAT WEBSITE

Disadari atau pun tidak, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dengan adanya website tersebut. Mulai dari urusan pribadi, urusan bisnis dan lain sebagainya.

Setidaknya ada 7 manfaat yang bisa kita rasakan, yaitu :

1. Menjadi Media Untuk Berbagi Wawasan

Bagi kalian yang mempunyai hobi, pengetahuan dan pengalaman di bidang tertentu, seperti teknologi, desain, kuliner, travel dan sebagainya, kalian bisa menjadikannya dalam bentuk blog.

Sehingga kalian bisa berbagi informasi kepada banyak orang serta dapat berkomunikasi dengan mereka yang memiliki hobi yang sama dengan kalian.

2. Menjadi Sumber Penghasilan

Selain bisa digunakan untuk berbagi informasi kepada orang banyak, website juga bisa digunakan menjadi sumber penghasilan.

Ada banyak sekali cara untuk menjadikan website sebagai sumber penghasilan, mulai dari menjadi seorang influencer yang mempromosikan produk tertentu, menjadi seorang blogger yang melakukan posting berbayar, bahkan menjadi seorang publisher yang berkerja sama dengan perusahaan iklan dengan cara memasang iklan pada websitenya.

Selain itu kalian juga bisa mendayagunakan skill, ilmu dan pengalaman kalian untuk menciptakan sendiri peluang mendapatkan cuan yang lainnya.

3. Menjadi Platform Bisnis

Buat teman-teman yang memiliki bisnis, sangat disarankan untuk merepresentasikan bisnisnya di dunia online.

Dengan demikian, maka konsumen akan bisa lebih mudah untuk membeli atau mengetahui produk yang kita tawarkan dimanapun dan kapanpun mereka mau.

Selain itu juga jangkauan penjualan sebuah bisnis akan menjadi semakin luas dan pasti akan berpeluang mendapatkan orderan lebih banyak lagi.

4. Membangun Branding

Dengan adanya website kita bisa membangun Bisnis Branding bahkan Personal Branding yang kita miliki.

Karena dengan sebuah website kita bisa menampilkan logo, identitas bisnis dan sebagainya. Ibaratnya kita menjadikan website tersebut sebagai portofolio bisnis atau portofolio pribadi.

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan adanya sebuah website secara tidak langsung calon konsumen kita akan lebih percaya dan yakin bahwa bisnis yang kita kelola tersebut memang benar-benar ada dan bukan "kaleng-kaleng" apalagi jika menggunakan domain yang terpercaya.

Konsumen bisnis kita pun bisa mengetahui lebih detail dimana mereka bisa mendapatkan layanan bisnis atau produk yang ditawarkan, cara menghubungi customer service dan sebagainya.

6. Sarana Mengembangkan Bisnis

Dengan menggunakan website, sangat banyak potensi bisnis yang bisa dikembangkan untuk bisnis yang sedang di kelola.

Mulai dari melakukan upaya digital marketing, strategi iklan berbayar di mesin pencarian, SEO atau optimasi agar berada diperingkat atas pada halaman pencarian.

7. Menjadi Sumber Informasi

Berdasarkan penelitian Hootsuite ada sekitar 202,6 juta orang atau setara dengan 73% dari populasi penduduk di Indonesia ini yang mencari informasi di internet.

Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa website baik itu website berita, blog, komunitas, forum dan yang lainnya dapat menjadi sumber informasi bagi setiap orang.

Terlebih lagi di jaman sekarang yang semuanya serba digital dan serba online. Internet menjadi sumber informasi utama dibandingkan yang lainnya.

8. Mengakses Layanan Publik

Pada jaman yang serba digital ini, website dapat dimiliki oleh siapapun, baik pribadi atau pun instansi.

Terlebih lagi jika instansi tersebut memberikan pelayanan umum seperti Rumah Sakit, Bank, Kantor Polisi, Kantor Pajak dan instansi lainya.

Sangat disayangkan jika tidak memiliki website, karena dengan begitu masyarakat dapat mengakses layanan mereka dengan lebih mudah dan cepat.

9. Menggalang Aksi Sosial

Dengan website kita juga bisa melakukan penggalangan untuk aksi sosial, misalnya untuk korban bencana alam, kaum dhuafa dan sebagainya.

Saat ini sudah banyak sekali website yang digunakan untuk penggalangan dana aksi sosial untuk membantu orang yang membutuhkan.

Sangat disarankan untuk selalu mengecek keabsahan website-website tersebut, jangan sampai salah sasaran, karena tidak sedikit juga bermunculan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan website untuk melakukan tindak kejahatan.

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai website, jenis-jenis website serta manfaat dari sebuah website tersebut.

Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang kurang pas, tolong jangan sungkan untuk memberikan kritik dan sarannya melalui form komentar yang ada di akhir postingan ini.

Rudi Etnovian Hadi Kurniawan
Rudi Etnovian Hadi Kurniawan Seorang Blogger dan Menyediakan Jasa Pembuatan Website Sejak Tahun 2008
Iklan